Jakarta (ANTARA) - Kemampuan berbahasa asing telah menjadi salah satu keterampilan yang sangat penting di era globalisasi.

Ada banyak cara untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing, salah satunya adalah dengan mendaftar di kelas kursus bahasa asing.

Kursus bahasa asing merupakan program pembelajaran yang dirancang untuk mengajarkan peserta keterampilan berbahasa asing, baik itu lisan maupun tulisan. Kursus ini dapat mencakup berbagai bahasa, seperti Inggris, Jerman, Prancis, Spanyol, Mandarin, Jepang, dan banyak lagi.

Saat ini, banyak tempat kursus bahasa asing yang menawarkan layanan untuk membuka kelas secara tatap muka maupun melalui online. Oleh karena itu, penting untuk memilih tempat kursus yang sesuai dengan kebutuhan Anda secara cermat dan teliti, karena hal ini akan mempengaruhi hasil pembelajaran yang Anda peroleh.

Berikut ini rekomendasi tempat kursus bahasa asing terbaik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Rekomendasi tempat kursus bahasa asing

1. Education First (EF)

English First merupakan salah satu lembaga pendidikan bahasa Inggris yang tertua dan terbaik di dunia, didirikan pada tahun 1965 di Swedia. Di Indonesia, lembaga ini telah memiliki sekitar 70 pusat di berbagai lokasi di seluruh negeri.

EF menawarkan kursus bahasa asing di banyak negara di seluruh dunia. Mereka memiliki program yang dirancang untuk semua tingkat, dari pemula hingga mahir. Metode pengajaran mereka juga mengutamakan pengalaman praktik bahasa secara langsung.

2. Northern Light Education Center (NLEC) ​​​

Northern Light Education Center adalah lembaga pendidikan yang menawarkan berbagai program kursus untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan peserta didik, dari perusahaan multinasional Jepang.

NLEC berpusat di Osaka dan memiliki satu cabang tambahan di Tokyo. Sebagai bentuk komitmen mereka dalam membantu masyarakat memperoleh pendidikan Bahasa Jepang dan mencapai masa depan yang lebih baik.

Northern Lights mendirikan lembaga kursus pertamanya di Indonesia di kota Bandung pada tahun 2013 dengan nama resmi NLEC. Lima tahun kemudian, pada tahun 2018, NLEC membuka cabang kedua di Jakarta sebagai kelanjutan dari kesuksesan yang diperoleh di Bandung.

3. Wall Street English (WSE)

Wall Street English adalah lembaga kursus yang terkenal dengan metode pembelajaran bahasa Inggris yang interaktif dan berbasis komunikasi.

Dengan fokus pada keterampilan berbicara dan mendengar, kursus ini cocok bagi mereka yang ingin meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris secara fleksibel, menyenangkan dan efektif.

WSE telah hadir di lebih dari 29 negara dengan lebih dari 3 juta anggota. Di Indonesia, Wall Street English mulai beroperasi sejak tahun 2007 dan berkomitmen untuk meningkatkan daya saing Indonesia melalui penguasaan bahasa Inggris.

4. YAIJ (Yayasan Aupair Indonesia Jerman)

YAIJ Au Pair adalah lembaga kursus bahasa Jerman yang didirikan pada tahun 2006. Lembaga ini
Memberikan program pertukaran budaya yang memungkinkan peserta untuk tinggal bersama keluarga di Jerman selama satu tahun.

Program Aupair biasa dijadikan batu loncatan atau langkah awal bagi para peserta agar lebih mudah mendapatkan peluang kuliah atau kerja di Jerman.

Selama lebih dari 15 tahun beroperasi, YAIJ telah berkembang pesat menjadi agen terpercaya di Indonesia yang telah menjalin kerja sama dengan 12 agen Aupair resmi di Kedutaan Jerman.


Baca juga: Ragam kursus bahasa Inggris beserta biayanya

Baca juga: Kursus editing video, berapa biayanya?

Baca juga: Estimasi biaya dan tips memilih kursus desain grafis