Jakarta (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) dan grup kembali menyabet penghargaan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui ajang Subroto Award 2024, setelah sebelumnya memperoleh penghargaan Patra Nirbhaya Karya.

Dalam penghargaan tersebut, KPI meraih dua apresiasi bergengsi di kategori Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia, dan Pembinaan Keselamatan Kerja Minyak dan Gas.

Direktur Utama KPI Taufik Aditiyawarman dalam keterangan di Jakarta, Jumat, menegaskan bahwa sebagai induk usaha petrokimia di Pertamina, KPI sangat menyadari pentingnya pemenuhan standar kompetensi SDM yang mampu bersaing dan beradaptasi dengan perkembangan industri.

"KPI beserta grup terus kawal komitmen ini melalui program-program aktual seperti pelatihan, sertifikasi hingga audit kompetensi," sebut Taufik.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut hadir menyerahkan anugerah kepada perusahaan di tanah air yang telah melakukan kinerja terbaik dalam memajukan sektor energi dan sumber daya mineral di Jakarta, Kamis (10/10/2024).

KPI pusat meraih penghargaan terbaik dalam bidang Pengembangan Kompetensi SDM Sektor ESDM melalui kategori Pelatihan dan/atau Sertifikasi bagi Badan Usaha (BU)/Bentuk Usaha Tetap (BUT) Terbaik subkategori Minyak dan Gas Bumi.

Hal ini menunjukkan KPI memiliki kontribusi signifikan dalam pengembangan SDM unggul melalui program kerja berkelanjutan, sertifikasi yang teruji, dan pelatihan yang sesuai dengan keahlian bidang masing-masing pekerja.

Tak hanya KPI pusat, KPI melalui unit operasi Kilang Plaju juga berhasil meraih penghargaan bidang Keselamatan Migas dan Optimalisasi Gas Suar melalui kategori Pembinaan Keselamatan Kerja Minyak dan Gas.

Hal ini mencerminkan bahwa KPI telah melakukan praktik keselamatan kerja melalui penerapan prinsip teknik untuk menciptakan ekosistem yang lebih ramah lingkungan.

Penghargaan Subroto Award 2024 merupakan puncak dari rangkaian acara Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-79.

Penghargaan ini sudah melalui tahapan proses penilaian yang mengacu kepada Keputusan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 120.K/HK.02/BPS/2024 tentang Pedoman Bidang Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral.

Anugerah ini merupakan bentuk apresiasi terhadap perusahaan yang telah berkontribusi serta dedikasi untuk menciptakan kinerja terbaik dalam memajukan sektor ESDM di Indonesia.

Baca juga: Kilang Pertamina dukung penurunan emisi melalui green refinery
Baca juga: Kilang Pertamina Internasional dorong industri lewat TKDN proyek RDMP
Baca juga: KPI dan PIS tingkatkan kerja sama pengangkutan kargo petrokimia