Jakarta (ANTARA) - Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia Irjen Pol. Dedi Prasetyo mengatakan bahwa Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan memberikan tanda kehormatan Nugraha Sakanti kepada tujuh satuan kerja (satker) Polri.

Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat, Irjen Pol. Dedi mengatakan bahwa tanda kehormatan itu akan diberikan dalam Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pengambilan Sumpah Presiden dan Wakil Presiden RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada hari Senin (14/10).

Irjen Pol. Dedi menyebutkan tujuh satuan kerja yang akan menerima tanda kehormatan Nugraha Sakanti adalah Bareskrim Polri, Baharkam Polri, Korbrimob Polri, Divisi Hubungan Internasional Polri, Korlantas Polri, Densus 88 Antiteror Polri, dan Pusdokkes Polri.

Sebagai informasi, Nugraha Sakanti merupakan tanda kehormatan yang diberikan kepada sebuah kesatuan Polri. Tanda kehormatan Nugraha Sakanti diberikan kepada satuan yang dinilai telah berjasa dan bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Pada hari Jumat ini, Polri melakukan gladi bersih apel tersebut di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Baca juga: MPR gelar "Briefing and Site Visit" jelang pelantikan Presiden-Wapres
Baca juga: TNI kerahkan pasukan dari AD, AL dan AU untuk pelantikan presiden baru


Apel tersebut bertujuan memastikan kesiapan Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) guna mendukung kelancaran pengambilan sumpah pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih pada hari Minggu, 20 Oktober 2024.

Kegiatan gladi bersih dipimpin Astamaops Polri, Komjen Pol. Verdianto Iskandar Bitticaca. Tampak pejabat utama Polri lainnya, yakni Dankor Brimob Komjen Pol. Imam Widodo, Asisten Kapolri bidang SDM Irjen Pol. Dedi Prasetyo, Kadensus 88 Antiteror Polri Irjen Pol. Sentot Prasetyo, Kapusdokkes Polri Irjen Pol. Asep Hendradiana, dan Kakorlantas Polri Irjen Pol. Aan Suhanan.

"Total ada 7.000 personel pasukan," kata Irjen Pol. Dedi.

Sebanyak 14 batalion satuan kerja Polri juga ikut berbaris dalam apel tersebut. Mereka terdiri atas Korbrimob Polri, Bareskrim Polri, Baharkam Polri, Korlantas Polri, Densus 88 Antiteror Polri, Divisi Hubungan Internasional Polri, dan Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) Polri.

Dilibatkan juga pasukan dari Polwan RI, pasukan dari Lembaga Pendidikan dan Latihan Polri, yaitu taruna Akademi Kepolisian (Akpol), siswa Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Lemdiklat Polri, dan mahasiswa Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK).