Jakarta (ANTARA) - Kursus desain grafis saat ini sedang banyak diminati oleh masyarakat, terutama pada seseorang yang gemar menggambar ataupun memahami penerapan warna dan tipografi.

Pelaksanaan kursus desain grafis dapat dilakukan online maupun offline sesuai dengan keinginan Anda. Pada dasarnya, desain grafis dapat digunakan berbagai macam media, seperti media daring (digital) dan cetak.

Kini sudah banyak penawaran mengenai kursus desain memiliki harga yang bervariasi, serta pengajaran yang langsung diajarkan oleh ahlinya. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin kursus desain grafis, Anda dapat memilih sesuai budget dan kebutuhan.

Berikut ini, biaya untuk kursus desain grafis yang telah dirangkum dari berbagai sumber:

Biaya kursus desain grafis

Untuk biaya kursus desain grafis memiliki nominal yang berbeda-beda tergantung dengan tempat kursus yang dipilih. Saat ini untuk kursus desain grafis dapat dilakukan dimana saja dengan memanfaatkan teknologi digital.

Namun, apabila Anda ingin kursus secara langsung agar dapat memahami konsep dan cara teknik juga dapat dilakukan secara offline. Serta dalam pelaksanaan tersebut dapat dikenakan harga per jam ataupun per bulan dengan beberapa kali pertemuan, sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh pengajar.

Rata-rata untuk biaya kursus desain grafis dikenakan sekitar Rp35.000 – Rp500.000 per jam dan Rp200.000 – Rp10.000.000 per bulan.

Tips memilih kursus desain grafis

1. Riset pengajaran

Metode pengajaran sangatlah penting untuk memahami lebih lanjut terkait desain grafis. Sehingga pemahaman dan keterampilan akan mudah untuk dikembangkan secara keseluruhan terlebih mengenai penggambaran, pewarnaan, tipografi, komposisi dan ilustrasi.

2. Memastikan kualitas kursus

Pastikan kualitas tempat kursus untuk memastikan Anda mendapatkan ilmu, keterampilan dan rekomendasi kerja di masa depan.

3. Sesuaikan kebutuhan dan anggaran

Pastikan jenis kursus yang Anda pilih kemudian sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Hal ini diperlukan agar Anda bisa menyelesaikan kursus sampai tuntas dan tidak berhenti di tengah jalan karena masalah biaya.


4. Kursus bersertifikat

Kursus yang yang memberikan sertifikat memiliki berbagai banyak manfaat dan dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Di antaranya sertifikat dapat dilampirkan untuk melamar pekerjaan yang sesuai dengan keahlian.

Baca juga: Mau mahir mengemudi mobil? Ini kisaran harga kursus menyetir

Baca juga: TNI AL tingkatkan kemampuan prajurit deteksi kapal asing di laut RI

Baca juga: Ratusan pembina Pramuka di Rejang Lebong ikuti kursus orientasi