Jakarta (ANTARA) - Executive Committe (Exco) Partai Buruh DKI Jakarta mendukung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024.

Deklarasi dukungan itu disampaikan Ketua Exco Partai Buruh Provinsi DKI Jakarta, Winarso di Gedung KNPI, Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat.

"Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa dan menjunjung tinggi azas demokrasi dan perjuangan buruh, demi terwujudnya kesejahteraan buruh dan seluruh masyarakat Provinsi Jakarta dengan ini kami menyatakan dan memberi dukungan kepada cagub dan cawagub Bapak Ridwan Kamil dan Bapak Suswono di Pilkada Jakarta," kata Winarso.

Menurut dia, dukungan terhadap pasangan itu demi terwujudnya kesejahteraan buruh di masa mendatang.

Partai Buruh akan berjuang mendukung dan memenangkan Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024.

Baca juga: RIDO jamin keadilan dan pelayanan bagi semua agama di Jakarta
"Bersama surat ini, kami Exco Partai Buruh Jakarta akan berjuang dengan seluruh anggota dan keluarga kami untuk mendukung dan memenangkan Pilkada Jakarta 2024," kata Winarso.

Presiden Exco Partai Buruh Said Iqbal mengungkapkan dua alasan partainya mendukung pasangan RIDO di Pilkada Jakarta.

Pertama, kata dia, Ridwan Kamil menjadi gubernur yang memperjuangkan kenaikan upah buruh di Jawa Barat.

"Ada dua peristiwa penting yang saya rasakan bersama Pak Ridwan Kamil. Pertama, ketika ketentuan tentang upah minimum tidak ada kenaikan di Jawa Barat, karena Omnibus Law dan UU Cipta Kerja. Pak Ridwan Kamil dengan keberaniannya dan 'good faith', itikad baiknya, saya saksinya. Karena saya pantau terus waktu itu, di Jawa Barat beliau ingin melahirkan upah minimum di atas satu tahun," kata Said Iqbal.

Alasan kedua adalah Ridwan Kamil juga pernah menemui massa buruh saat demonstrasi mengenai penolakan Omnibus law atau UU Cipta Kerja pada 2020.

Baca juga: Pram-Rano intensifkan komunikasi tatap muka selama kampanye pilkada
Saat itu, lanjut dia, RK sebagai gubernur Jawa Barat bersedia menyampaikan aspirasi buruh ke pemerintah pusat.

"Seorang gubernur dengan berani, bersama Pangdam dan Kapolda Jawa Barat, naik ke mobil komando menyatakan bersama buruh dan kawan-kawan mahasiswa, akan menyampaikan aspirasi yang saat itu, saya saksinya juga, menyatakan aspirasi yang menolak Omnibus Law sebagai gubernur, beliau akan menyampaikan ke pemerintah pusat," paparnya.

Dia menambahkan bila ada seorang gubernur yang hati dan pikiran serta tindakan yang diletakkan pada hati rakyat khususnya kaum buruh, tidak ada alasan lain, kecuali untuk memilih pasangan RIDO.

"Dua peristiwa penting yang dengan keberanian, hati nurani, dan segala risiko sebagai seorang pemimpin diambil," ujarnya.
Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil didampingi Presiden Partai Buruh Said Iqbal saat memberikan keterangan pers terkait deklarasi dukungan dari Partai Buruh di Gedung KNPI, Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (11/12024). ANTARA/Syaiful Hakim
Sementara itu, Ridwan Kamil mengucapkan terima kasih kepada Partai Buruh yang memberikan dukungan kepada pasangan RIDO.

Baca juga: Dharma janjikan bangun kampung wisata tingkatkan ekonomi warga
"Kami sangat berbahagia dan kami tentu tidak akan lupa sehingga pada waktunya kita dapat bersinergi bersama-sama memajukan Jakarta, menyejahterakan warganya tentunya di dalamnya ada komponen buruh," kata dia.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta telah menetapkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono nomor urut 1, Dharma Pongrekun-Kun Wardana nomor urut 2 dan Pramono Anung-Rano Karno nomor urut 3 pada Pilkada DKI Jakarta.