Jakarta (ANTARA) - Calon Gubernur dan Wakil Gubernur pada Pilkada DKI Jakarta 2024 nomor urut 1 Ridwan Kamil (RK) dan Suswono (RIDO) menjamin keadilan dan pelayanan setara bagi semua agama, golongan, tanpa diskriminasi, khususnya dalam hal pembangunan rumah ibadah.

"Kepemimpinan kami akan menyatukan, tidak ada diskriminasi dalam pelayanan terhadap semua umat," kata Ridwan Kamil saat melakukan pertemuan dengan Persekutuan Gereja-Gereja Pentakosta Indonesia (PGPI) di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat.

Pria yang disapa Kang Emil ini juga menyampaikan apresiasi kepada PGPI atas perannya dalam menjaga harmoni di Jakarta, terutama dalam masyarakat yang majemuk.


"Sebagai bentuk dukungan nyata, kami memperkenalkan program Kredit Mikro Berbasis Rumah Ibadah yang memungkinkan rumah ibadah, termasuk gereja, mendapatkan dukungan finansial untuk operasional secara mandiri, " katanya.

Kang Emil juga menyebutkan program tersebut akan diperkuat dengan alokasi dana operasional rumah ibadah sebesar Rp200 juta per RW, guna membantu pemeliharaan dan kegiatan sosial keagamaan.

Baca juga: Pram-Rano intensifkan komunikasi tatap muka selama kampanye Pilkada

Selain itu, pasangan ini akan mengeluarkan program CCTV di rumah ibadah sebagai langkah meningkatkan keamanan jamaah, yang berbeda dengan program keamanan umum sebelumnya.

"Program ini akan diimplementasikan untuk memastikan kenyamanan beribadah di seluruh wilayah Jakarta, " ucap Ridwan.
Dia juga menegaskan bahwa prinsip Pancasila akan terus menjadi landasan utama dalam setiap kebijakan yang mereka ambil.

"Kita harus memastikan kesetaraan dalam pendirian rumah ibadah dan pelayanan tanpa diskriminasi bagi seluruh umat di Jakarta," kata Ridwan.


Sementara itu Suswono menambahkan bahwa komitmen ini sejalan dengan upaya mereka dalam membangun Jakarta sebagai kota global yang berdaya saing, inklusif dan harmonis.

Baca juga: Dharma janjikan bangun kampung wisata tingkatkan ekonomi warga

"Melalui program Jakarta Harmoni, RK-Suswono akan terus mendorong dialog antar umat beragama dan memperluas ruang publik untuk perayaan budaya dan agama yang beragam, " katanya.

Pada kesempatan tersebut, RK juga mengajak seluruh masyarakat untuk menunjukkan keteladanan dan kedewasaan dalam berdemokrasi pada momen Pilkada Jakarta 2024.

"Saya berharap kita dapat menghindari politik identitas dan fokus pada visi Jakarta yang maju dan harmonis," katanya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta telah menetapkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono nomor urut 1, Dharma Pongrekun-Kun Wardana nomor urut 2, dan Pramono Anung-Rano Karno nomor urut 3 pada Pilkada DKI Jakarta.