Kendari (ANTARA) - Sebanyak 1.938 penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Sulawesi Tenggara(Sultra) melaksanakan apel kesiapan pesta demokrasi itu bersama dengan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) Mochammad Afifuddin.

Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin di Kendari, Jumat sore, mengatakan bahwa apel tersebut merupakan bagian dari konsolidasi daerah untuk memberi penguatan kepada penyelenggaraan Pemilu dalam hal ini KPU kabupaten/kota menghadapi Pilkada serentak 27 November 2024.

"Ini merupakan inovasi yang luar biasa, gelar pasukan dan apel siaga. Jajaran KPU provinsi, kabupaten/kota, bahkan PPK, KPPS juga sudah siap untuk menggelar Pilkada 2024," kata Afifuddin.
Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin (kiri) bersama Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto (tengah), dan Ketua KPU Provinsi Sultra Asril (kanan). (ANTARA/La Ode Muh Deden Saputra)

Dia menyebutkan bahwa apel itu juga menjadi konsolidasi untuk memastikan pelaksanaan tahapan Pilkada 2024 di Sulawesi Tenggara berjalan dengan lancar.

"Seluruh tahapannya terkontrol, logistik juga diproses semua, pemilihnya juga sudah terdata semua," ujarnya.

Dia juga menyampaikan pesan kepada jajaran KPU untuk selalu mengikuti arahan dan selalu berkoordinasi dengan KPU RI terkait dengan kendala ataupun permasalahan yang ada di daerah.

"Sehingga, kami bisa melakukan super visi kalau ada persoalan yang terjadi di daerah," ucapnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Sultra Komjen Pol (purn) Andap Budhi Revianto mengungkapkan bahwa hadirnya 1.938 penyelenggara Pilkada 2024 dalam apel tersebut menunjukkan kesiapan KPU dalam penyelenggaraan pemilihan calon gubernur dan wakil gubernur, wali kota dan wali kota, serta bupati dan wakil bupati di wilayah Bumi Anoa.

"46 hari lagi kita melaksanakan pemungutan suara, mohon kerja sama yang baik di antara kita, kita sosialisasikan, kita wujudkan Pemilu Sulawesi Tenggara yang demokratis, adil, jujur, dan juga kondusif," sebut Andap.
Baca juga: KPU Sultra luncurkan tahapan Pilkada 2024 hadirkan dua artis Ibu Kota
Baca juga: Bawaslu ajak masyarakat Sultra kawal pilkada serentak 2024
Baca juga: KPU bentuk Komunitas Pelajar Pecinta Demokrasi di Konawe