Jakarta (ANTARA) - PT PP (Persero) Tbk (PTPP), BUMN konstruksi dan investasi, memberikan bantuan berupa pembuatan sumur bor dan reservoir air bersih untuk mencukupi kebutuhan air warga Desa Oelpuah, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Bantuan ini direalisasikan oleh perseroan sebagai salah satu inisiatif Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang disesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat. Pembuatan sumur bor dan reservoir air bersih sebagai program air bersih ini dimulai sejak bulan Agustus 2024 bersamaan dengan HUT ke-71 perseroan.

“Perseroan sebagai salah satu perusahaan BUMN di Indonesia mempunyai kewajiban untuk mendukung pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan seluruh masyarakat Indonesia," kata Sekretaris Perusahaan PTPP Joko Raharjo dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Program TJSL air bersih untuk warga Desa Oelpuah ini adalah peran aktif, bentuk nyata, serta komitmen perusahaan untuk dapat terus meningkatkan akses dalam rangka pemerataan kebutuhan masyarakat Indonesia terutama pada daerah-daerah yang membutuhkan. Tentunya program lainnya akan terus kami gerakkan agar seluruh elemen masyarakat dapat tersentuh oleh kehadiran kami melalui kegiatan TJSL/CSR.

Desa Oelpuah yang berlokasi di Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur ini secara demografi adalah desa yang memiliki 5 dusun, yang terdiri dari 1.696 jumlah jiwa, 411 KK, dan 13 RT.

Sebelum adanya program air bersih ini, warga desa sangat kesulitan dalam mendapatkan air bersih terutama pada saat musim kemarau tiba. Beberapa warga masih mengandalkan air tadah hujan, bahkan beberapa warga mengais sungai yang kering untuk mendapatkan air bersih.

Karena kebutuhan sumber daya air yang tinggi, warga desa Oelpuah membeli air yang dikirimkan melalui mobil tanki seharga Rp150 ribu/mobil.

Melihat kondisi tersebut perseroan berinisiai cepat dalam memberikan bantuan program air bersih berupa pembuatan sumur dan reservoir air bersih yang memiliki kapasitas 31.416 Liter untuk mencukupi kebutuhan warga desa Oelpuah.

Pada tanggal 5 Oktober 2024, pembuatan sumur bor dan reservoir air bersih di desa Oelpuah selesai dan dapat dimanfaatkan oleh seluruh warga desa. Pada kesempatan ini, kepala desa dan seluruh warga sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada PTPP untuk program air bersih yang telah tuntas dibangun dan sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat di daerah terpencil.

Baca juga: PTPP selesaikan Proyek Pelabuhan East Java Multipurpose Terminal
Baca juga: PTPP optimistis selesaikan proyek bandara IKN pada akhir 2024
Baca juga: PPRO tawarkan produk hunian domisili di Jawa Tengah