Temanggung (ANTARA News) - Para relawan muda di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Minggu, mengumpulkan tanda tangan untuk mendukung pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Pengumpulan tanda tangan di atas kain putih sepanjang 30 meter tersebut dilakukan di dua titik, yakni di Pertigaan KS Tubun dan di depan Pasar Kliwon Temanggung.

Aksi dukungan tanda tangan untuk Jokowi-JK tersebut diikuti para pengguna jalan yang lewat di lokasi dan juga para pedagang.

Para relawan tersebut selain menjaring dukungan tanda tangan juga membagikan stiker, pin, dan kaos bergambar pasangan capres-cawapres nomor urut dua tersebut.

Koordinator aksi, Wibisono, mengatakan, selain mengumpulkan tanda tangan sebagai bentuk dukungan terhadap pasangan Jokowi-JK, kegiatan ini juga bertujuan untuk menyosialisasikan kepada para pemilih pemula agar pada 9 Juli 2014 datang ke tempat pemungutan suara guna menyalurkan hak pilihnya.

"Kami mengajak masyarakat, khususnya para kaum muda untuk menggunakan hak pilihnya, jangan sampai golput," katanya.

Ia mengatakan, melalui kegiatan ini para relawan memperkenalkan pasangan tokoh Jokowi-JK yang layak memimpin Indonesia pada lima tahun ke depan.

"Kami memiliki tokoh pasangan Joklowi-JK yang kami rasa sebagai pemimpin yang menggambarkan masyarakat, dia sederhana, jujur, dan tidak neko-neko," katanya.

Ia mengatakan, target 1.000 tanda tangan sebagai tanda masyarakat Temanggung, siap mendukung Jokowi-JK sebagai calon Presiden dan Wakil Presiden periode 2014-2019.

Seorang tukang becak, Narno (34) yang ikut membubuhkan tanda tangan di atas kain putih, mengatakan, ia mendukung pasangan Jokowi-JK karena sederhana dan dekat dengan rakyat kecil.

"Kami berharap jika pasangan Jokowi-JK memimpin Indonesia, mudah-mudahan Indonesia semakin maju dan mereka tetap memperhatikan nasib masyarakat kecil," katanya.

Pemilu Presiden 9 Juli 2014 diikuti dua pasangan capres dan cawapres, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla.