Jakarta (ANTARA) - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) meluncurkan produk reksa dana saham syariah USD, Batavia India Shariah Equity USD (BISEU).

Direktur BCA Haryanto Budiman mengatakan, produk ini merupakan hasil kerja sama BCA dengan PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen (BPAM) selaku manajer investasi. Salah satu agen penjual yang pertama kali meluncurkan reksadana BISEU dengan Net Asset Value (NAV) 1 dolar AS.

Reksa dana offshore dengan mata uang dolar AS ini, berfokus pada investasi di kawasan India dan dirancang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

“Peluncuran reksa dana BISEU memberikan peluang bagi nasabah BCA untuk dapat melakukan diversifikasi investasi secara geografi dengan berinvestasi di India, yang merupakan salah satu negara emerging market (EM) dengan weighting terbesar kedua di MSCI EM, dengan tetap berpegang pada prinsip syariah,” ujar Haryanto dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

Haryanto menilai, pihaknya menyadari minat investasi masyarakat yang terus meningkat, tecermin dari pertumbuhan dana kelolaan wealth management BCA yang tumbuh lebih dari 35 persen secara tahunan (yoy) per September 2024.

Presiden Direktur BPAM Lilis Setiadi menjelaskan, reksa dana BISEU memberikan akses investasi yang baru dan berbeda bagi nasabah di pasar saham India.

“Dengan menggandeng Penasehat Teknis yang berpengalaman pada pasar India, yakni Invesco Ltd., kami yakin portofolio nasabah akan menjadi semakin lengkap dan kuat, karena adanya eksposur pada perekonomian India yang memiliki pertumbuhan yang relatif tinggi dan konsisten. Terutama pada sektor teknologi, konsumsi, dan manufaktur yang sedang berkembang baik di India,” jelasnya.

Baca juga: Jenis kartu kredit BCA dan limitnya

Baca juga: Syarat dan cara tarik tunai tanpa kartu di ATM Bank BCA


Bagi nasabah BCA yang ingin melakukan transaksi pembelian reksa dana BISEU, dapat membelinya dengan minimum subscription mulai dari 10.000 dolar AS.

Untuk nasabah yang belum pernah transaksi reksa dana USD, pembelian pertama harus dilakukan di Kantor Cabang BCA yang melayani investasi reksa dana.

Untuk pembelian selanjutnya, nasabah juga dapat melakukan pembelian melalui fitur Welma di aplikasi myBCA. Dalam peluncuran produk reksa dana BISEU, BCA turut memberikan promo menarik yaitu cashback reksa dana hingga 500 dolar AS per nasabah dalam bentuk unit penyertaan.