Jakarta (ANTARA) - Pabrikan Toyota melalui divisi Toyota Gazoo Racing (TGR) dikonfirmasi kembali ke Formula 1 setelah menandatangani kemitraan teknis dengan tim Haas, Jumat.

Dikutip dari laman resmi Formula 1, ini merupakan pertama kalinya Toyota kembali ke ajang balap mobil kelas premier sejak tahun 2009.

Perusahaan otomotif asal Jepang tersebut menghabiskan delapan musim di F1 sebagai tim pabrikan dan pemasok musim, mencetak 13 podium, dan mencapai finis terbaik di posisi keempat dalam klasemen konstruktor.

Adapun TGR akan menyediakan layanan desain, teknis, dan manufaktur untuk Haas, sementara Haas akan menawarkan keahlian teknis dan manfaat komersial sebagai imbalannya.

“Memiliki pemimpin dunia di sektor otomotif yang mendukung dan bekerja sama dengan organisasi kami, sembari berupaya mengembangkan dan mempercepat keahlian teknis dan rekayasa mereka sendiri, ini adalah kemitraan yang memberikan manfaat yang jelas bagi kedua belah pihak,” kata Pemimpin Tim Haas Ayao Komatsu.

“Kemampuan untuk memanfaatkan sumber daya dan basis pengetahuan yang tersedia di TGR, sembari memanfaatkan proses teknis dan manufaktur mereka, akan berperan penting dalam pengembangan kami sendiri dan keinginan kami yang jelas untuk lebih meningkatkan daya saing kami di Formula 1,” ujarnya menambahkan.

Presiden Gazoo Racing Company Tomoya Takahashi menambahkan pihaknya juga senang mengumumkan bahwa Haas dan Toyota Gazoo Racing telah menyelesaikan perjanjian dasar untuk memasuki kemitraan teknis seperti pengembangan kendaraan Haas.

“Dengan bersaing bersama MoneyGram Haas F1 Team di puncak olahraga bermotor, kami bertujuan untuk membina para pembalap, teknisi, dan mekanik sekaligus memperkuat kemampuan Tim Haas dan Toyota Gazoo Racing, dan kami ingin berkontribusi pada olahraga bermotor dan industri otomotif,” kata Takahashi.


Baca juga: Giovinazzi turun di dua sesi latihan bebas bersama tim Haas

Baca juga: Magnussen mimpikan podium menyusul kebangkitan tim Haas