Jakarta (ANTARA) - Pekerjaan sebagai programmer IT semakin banyak diminati seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat di berbagai industri.

Sebagai tulang punggung pengembangan website, aplikasi, dan sistem komputer, programmer memiliki peran penting dalam kemajuan teknologi digital.
Oleh sebab itu, semakin banyak berbagai perusahaan bahkan instansi pemerintahan yang mencari dan membutuhkan profesi programmer IT.

Pekerjaan ini membutuhkan seseorang yang memahami berbagai bahasa pemrograman yang tidak mudah, sehingga standar gaji yang didapatkan pun cukup menarik dan bervariasi.

Lantas, berapakah penghasilan seorang programmer IT? Berikut Antara rangkum dari berbagai sumber terkait rincian gaji yang didapatkan sebagai programmer IT.
Standar gaji programmer IT


Gaji seorang programmer IT dapat berbeda-beda, hal ini bisa dinilai berdasarkan dari tingkat pengalaman, kemampuan yang dimiliki, dan latar belakang pendidikannya.
Rata-rata gaji programmer IT berdasarkan iklan lowongan kerja di Jobstreet sebesar Rp5,2 juta per bulan. Sementara, mengutip dari iklan lowongan kerja di Indeed rata-rata sebesar Rp4,7 juta per bulan.

Selain itu, besaran gaji yang didapatkan sebagai programmer IT bisa berdasarkan dari UMR dimana lokasi mereka bekerja.

Rata-rata gaji programmer IT di kota besar seperti Jakarta mulai dari Rp5,3 juta - Rp7,5 juta, Tangerang mulai dari Rp5,3 juta - Rp8 juta, dan Bandung mulai dari Rp3,6 juta - Rp6 juta.

Kemudian, pekerjaan programmer IT terdiri dari beberapa posisi sehingga gaji yang ditawarkan dapat bervariasi juga. Berikut penjelasan lebih rinci terkait posisi programmer IT.

1. Web Developer


Tugas pekerjaan sebagai web developer adalah membuat website menjadi menarik dan fungsional sesuai permintaan kebutuhan. Umumnya pembuatan website menggunakan bahasa pemograman seperti HTML, CSS, dan Javascript.
Berdasarkan laman Jobstreet rata-rata gaji web developer mulai dari Rp5 juta, sedangkan berdasarkan laman Indeed mulai dari Rp4,4 juta.

Sebagai web developer, terbagi tugas yang berbeda, yakni Back-End Developer dan Front-End Developer. Ada beberapa perusahaan yang menggabungkan kedua tugas ini dikerjakan oleh satu karyawan yang sama atau tiap tugas dikerjakan oleh satu karyawan yang berbeda.

Back-End Developer


Dalam pembuatan website, terdapat kode-kode bahasa pemograman yang dianalisis dan membuat sistem sehingga berjalan sesuai dengan keinginan. Tugas ini dilakukan oleh back-end developer yang mungkin tidak terlihat secara langsung, namun fungsi website akan dirasakan oleh pengguna.
Indeed mencatat gaji rata-rata pekerjaan sebagai back-end developer sebesar Rp7,6 juta. Sementara Jobstreet mencantumkan gaji mulai dari Rp7,1 juta - Rp10,1 juta.

Front-End Developer


Setelah sistem website berhasil dibuat, tentunya webiste perlu dirancang dengan tampilan yang menarik, fitur yang mudah digunakan, dan nyaman saat digunakan. Tugas tersebut dilakukan oleh front-end developer untuk mempercantik webiste jadi lebih bernilai.
Rata-rata gaji front-end developer menurut data Jobstreet mulai dari Rp6,5 juta-Rp9,5 juta, sedangkan Indeed mencantumkan rata-rata gaji sebesar Rp7,8 juta.

2. Mobile Developer


Pastinya Anda memiliki smartphone atau table, seperti berbasis android. Dengan kenyamanan penggunaan gadget saat ini, sistem dan aplikasi handphone tersebut dibuat dari analisis kode pemrograman. Pekerjaan ini dilakukan oleh mobile developer yang umumnya memahami bahasa pemograman seperti Java, C++, Python, JavaScript, dan lainnya.
Menurut data Indeed, gaji mobile developer sekitar Rp5,8 juta, sementara Jobstreet mencatat mulai dari Rp6,6 juta - Rp9,6 juta.

3. Full-Stack Developer


Sebagai full-stack developer, seseorang mengerjakan tugas front-end developer dan back-end developer. Secara keseluruhan, mulai dari pembuatan sistem, tampilan website, hingga pemeliharaan sistem webiste dilakukan oleh full-stack developer.
Berdasarkan data Jobstreet, rincian rata-rata gaji full-stack developer sebesar Rp6,3 juta - Rp9,3 juta. Indeed mencatat rata-rata gaji sebesar Rp6,4 juta didapatkan selama sebulan sebagai full-stack developer.

5. Data Engineer


Dalam sebuah perusahaan, tentunya memiliki data-data yang penting untuk dikelola, dimasukkan ke dalam sistem program, disimpan dan dikumpulkan, hingga dimunculkan melalui pencarian saat dibutuhkan.

Sebagai data engineer, mereka menggunakan bahasa pemograman seperti SQL, Java, Python, dan membuat akses yang memudahkan dalam pengelolaan hingga pembaruan data tersebut.
Indeed mencatat gaji rata-rata per bulan sebagai data engineer sebesar Rp11,2 juta. Sedangkan, Jobstreet mencantumkan Rp8,5 juta-Rp11,5 juta.

Itulah standar gaji programmer IT yang ditawarkan dari berbagai lowongan kerja di Indonesia. Standari gaji tersebut bisa menjadi gambaran bagi yang baru memulai karier sebagai programmer.

Untuk menjadi seorang programmer, pentingnya untuk terus belajar dan mengasah keterampilan, terutama dalam bahasa pemrograman yang sedang banyak dicari oleh berbagai industri bisnis hingga pemerintahan.

Baca juga: Intip gaji karyawan supermarket dan minimarket di berbagai jabatannya

Baca juga: Rincian gaji dan tunjangan anggota DPRD

Baca juga: Syarat menjadi dosen dan besaran gajinya di Indonesia