Jakarta (ANTARA) - Rajawali Nusindo membuka peluang kerja sama perdagangan di sektor pangan dan non-pangan dengan Papua Nugini, guna memperluas jaringan distribusi serta memperkuat hubungan ekonomi antara kedua negara.

"Penjajakan ini menyasar kerja sama perdagangan komoditas pangan dan non pangan yang diproduksi dan didistribusikan Rajawali Nusindo," kata Direktur Utama Rajawali Nusindo Wahyu Sakti dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Dia menyampaikan, Rajawali Nusindo sebagai anak perusahaan Holding Pangan ID FOOD, melakukan penjajakan perdagangan dengan pemerintah Papua Nugini sebagai upaya meningkatkan nilai tambah produk pangan nasional serta mendorong tumbuhnya volume perdagangan komoditas antar negara.

Wahyu menuturkan bahwa penjajakan tersebut dilakukan pihaknya ketika menerima kunjungan kerja Gubernur Provinsi Sandaun Papua Nugini Toni Wouwou pada Kamis, (10/10) di Jakarta.

Menurutnya, pertemuan ini merupakan upaya dari kedua pihak untuk membangun kerja sama dalam bidang distribusi pangan guna meningkatkan perekonomian kedua negara.

“Kami fokus mendorong kerja sama perdagangan produk-produk yang dihasilkan dan sudah pasarkan Rajawali Nusindo. Produk-produk kami memiliki kualitas yang telah tersertifikasi dan terverifikasi sehingga dipastikan memenuhi syarat untuk proses perdagangan antar negara,” ujarnya.

Wahyu mengatakan, produk distribusi Rajawali Nusindo sangat cocok untuk kebutuhan pasar di Papua Nugini, karena merupakan produk sehari-hari dan dekat di masyarakat, seperti minyak, beras, gula, dan kebutuhan rumah tangga lainnya.

“Beberapa tahun terakhir bahkan kami telah memproduksi produk pangan sendiri dengan brand ‘Rania’, diantaranya beras premium, tepung terigu, kecap, minyak, dan garam,” jelasnya.

Selain itu, Wahyu menambahkan, Rajawali Nusindo juga memiliki produk non pangan seperti tisu dengan brand ‘Nushi’, produk PTOC atau Pembenah Tanah Organik Cair yang berfungsi untuk memperbaiki struktur tanah, terutama tanah yang jenuh, agar lebih subur dan menghasilkan tanaman berkualitas dan berkuantitas banyak.

Selain itu, pihaknya juga mendistribusikan produk farmasi, alat kesehatan untuk rumah sakit dan lembaga kesehatan pemerintah, serta alat dan sarana perkebunan.

Wahyu meyakini, pengalaman dan portofolio produk yang dimiliki Rajawali Nusindo saat ini akan membuka peluang yang lebih lebar bagi terjalinnya kerja sama perdagangan regional dengan pemerintah Papua Nugini.

"Dalam perdagangan dalam negeri produk-produk kami telah didistribusikan secara nasional pada modern trade, general trade, dan e-commerce. Rajawali Nusindo juga telah dipercaya menyalurkan bantuan pangan pemerintah secara nasional, diantaranya bantuan penanganan stunting di 4 provinsi,“ ungkapnya.

Ia juga mendukung kunjungan delegasi Papua Nugini ke Rajawali Nusindo tersebut dapat ditindaklanjuti secara bertahap dengan pembahasan dan perjanjian kerja sama.

Pasalnya kerja sama perdagangan regional sangat penting untuk mendorong nilai tambah produk dalam negeri sekaligus meningkatkan devisa negara.

“Hal ini juga menjadi salah satu tujuan dari pembentukan Holding Pangan yaitu menjadi perusahaan pangan yang go global,” tuturnya.

Ia menyebutkan bahwa volume perdagangan ekspor Indonesia ke Papua Nugini mencapai tingkat tertinggi di sektor-sektor utama seperti pertanian, pertambangan, dan manufaktur.

Demikian pula, aktivitas ekspor Papua Nugini ke Indonesia juga telah meningkat, sehingga berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi kedua negara.

Berdasarkan data Hubungan ekonomi Indonesia dan Papua Nugini semakin berkembang sejak beberapa tahun terakhir. Statistik impor menunjukkan ada beberapa negara yang berkontribusi terhadap nilai impor Papua Nugini, salah satunya Indonesia.

"Berdasarkan data Trademap, total nilai impor Papua Nugini terus meningkat signifikan," tambah Wahyu.

Pada tahun 2021, total impor Papua Nugini sekitar 4,3 miliar dolar AS. Impor terbesar Papua Nugini sebagian besar berasal dari Australia, yang di masa mendatang diharapkan sebagian bisa digantikan oleh produk-produk Indonesia.

Adapun kunjungan perwakilan pemerintah Papua Nugini ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan dan business matching kedua pihak dalam event Trade Expo Indonesia (TEI) 2024 yang digelar Kementerian Perdagangan.

Baca juga: Rajawali Nusindo dan PELNI kirim 219 ribu paket telur dan daging ke NTT
Baca juga: Rajawali Nusindo-Bapanas gelar pasar murah di 379 lokasi
Baca juga: Rajawali Nusindo telah salurkan 2,7 juta liter Minyakita