Jakarta (ANTARA) - Lima berita humaniora menarik dari hari Kamis (10/10) masih dapat dibaca kembali, seperti Muhammadiyah menyambut baik kunjungan Imam Besar Masjid Nabawi dan Guru besar UI mengungkapkan yang terjadi selama setahun perang Gaza.

Ada juga Menko PMK resmikan pembukaan kembali Museum Nasional Indonesia, dan BNPB yang menyebutkan bahwa sehari Indonesia dilanda hingga 10 kali bencana alam. Selengkapnya dapat dibaca di sini.

1.) Muhammadiyah sambut baik kunjungan Imam Besar Masjid Nabawi

Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyambut baik Imam Besar Masjid Nabawi Syekh Ahmad bin Ali Al-Hudhaify beserta rombongan yang melakukan kunjungan ke Indonesia.

Bendahara Umum PP Muhammadiyah Hilman Latief menyebutkan, sejak 112 tahun yang lalu, Muhammadiyah telah berkecimpung di bidang pendidikan dan kesehatan dengan mendirikan ratusan universitas dan ribuan sekolah serta ratusan rumah sakit. Dia menambahkan, pendiri organisasi Muhammadiyah belajar dari para imam di Makkah dan Madinah dan mendirikan organisasi itu sekembalinya dari sana.

2.) BNPB: Dalam sehari Indonesia dilanda hingga 10 kali bencana alam

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto menyebut bahwa Indonesia dilanda 10 kali bencana dalam sehari, terlihat dari jumlah ribuan bencana yang terjadi setiap tahunnya.

Suharyanto mengatakan, angka peristiwa bencana di Indonesia setiap tahunnya sangat fluktuatif, contohnya pada 2021 sebanyak 4.042 kali bencana dan pada 2022 menjadi 3.544 kali. Kemudian kembali meningkat pada 2023 yakni mencapai 5.400 kali bencana. Sehingga, jika di rata-rata lebih kurang sampai 10 kali per harinya.

3.) Guru besar UI ungkap yang terjadi selama setahun perang Gaza

Guru Besar Tetap Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) Universitas Indonesia (UI) Prof Yon Machmudi PhD mengungkapkan yang terjadi selama setahun perang Gaza, di Palestina.

“Serangan 7 Oktober 2023 mengubah posisi Palestina dalam memperjuangkan kemerdekaannya," kata Yon Mahmudi di Depok, Kamis.

4.) Menko PMK resmikan pembukaan kembali Museum Nasional Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meresmikan pembukaan kembali Museum Nasional Indonesia (MNI) untuk membuka babak baru museum tersebut setelah kebakaran yang terjadi pada 2023.

5.) Kemendikbudristek edukasi ibu-ibu kelola makan bergizi di sekolah

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengedukasi ibu-ibu PKK untuk mengelola sekaligus memastikan makan bergizi gratis di sekolah terjaga kesehatan dan kaya nutrisi.

Direktur Kepercayaan Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat Kemendikbudristek Sjamsul Hadi menilai, dengan edukasi yang masif dan alokasi anggaran senilai Rp 17 ribu per anak, sudah cukup bagi ibu-ibu untuk membawa bahan pangan lokal yang diproduksi dari rumah atau lahan sendiri.