Jakarta (ANTARA) - Perusahaan otomotif asal Korea, Kia berusia ke-80 tahun ini dan merayakannya dengan peluncuran restomod elektrik yang dibuat berdasarkan hatchback subkompak Kia Pride tahun 1996.

Dilaporkan Motor Authority pada Kamis (10/10) waktu setempat, restorasi modifikasi yang dilakukan oleh divisi Inggris dari produsen mobil tersebut hanya diproduksi satu kali selama acara pertemuan mobil klasik Scramble Bicester Heritage di Bicester, Inggris.

Mobil ini dikembangkan melalui kemitraan dengan Electrogenic, sebuah perusahaan konversi kendaraan listrik Inggris yang baru-baru ini mengubah Rolls-Royce tahun 1929 menjadi kendaraan listrik untuk aktor Jason Momoa.

Baca juga: Kia sudah selesai bangun pabrik khusus kendaraan listrik

Uniknya, restomod mempertahankan transmisi manual 5-percepatan dari mobil aslinya, yang kini dipasangkan dengan satu motor listrik, bukan mesin 1,3 liter inline-4 yang asli.

Motor listrik menggerakkan roda depan, sama seperti mesin bensin dan mengambil energinya dari dua baterai 10-kwh, satu di bawah kap dan yang lainnya di bawah lantai bagasi.

Motor listrik menghasilkan 107 hp dan torsi 173 lb-ft, atau sekitar 60 persen lebih banyak tenaga dan mendekati dua kali lipat torsi mesin bensin asli.

Baca juga: Hyundai dan Kia bermitra dengan Samsung kembangkan sistem infotainment

Agar transmisi manual dapat menangani tenaga dan torsi ekstra, kopling performa dipasang.

Akselerator drive-by-wire juga dipasang sebagai pengganti hubungan mekanis asli yang terhubung dengan katup gas mesin bensin.

Menurut Kia, bobotnya hanya bertambah 44 pon, dengan Pride elektrik yang beratnya mencapai 1.918 pon.

Kia akan menerbitkan detail performa seperti angka akselerasi dan jarak tempuh di kemudian hari.

Baca juga: Kia EV9 sabet piala emas penghargaan desain IDEA 2024

Mereka berupaya mempertahankan tampilan asli mobil, meskipun beberapa detail modern yang halus ditambahkan. Bagian dalam lampu depan baru, dan ditambahkan untuk meningkatkan visibilitas di malam hari.

Lapisan catnya juga baru, dan cocok dengan lapisan White Pearl yang ditawarkan pada EV Kia saat ini.

Beberapa aksen hijau limau untuk pipa jok dan jahitan alas lantai juga ditambahkan ke kabin, sebagai penghubung dengan aksen hijau yang ditemukan pada EV6 GT Kia yang beperforma tinggi.

Seperti semua konversi EV yang dilakukan oleh Electrogenic, struktur asli Pride telah sepenuhnya dipertahankan, yang berarti semua modifikasi dapat dikembalikan.

Baca juga: Kia Sonet baru diluncurkan di GIIAS Bandung 2024

Baca juga: Kia masuki pasar Eropa dengan van listrik PV5 dan PV7