Jakarta (ANTARA) - BMW Skytop, sebuah mobil roadster dua tempat duduk yang dimulai sebagai studi desain di Concorso d’Eleganza Villa d’Este 2024 kini mulai diproduksi dalam jumlah yang sangat terbatas.

Dilaporkan Carscoops pada Jumat (11/10) waktu setempat, BMW hanya membuat 50 contoh model bergaya targa serta telah terjual habis dengan harga yang tidak ingin diungkapkan oleh BMW.

Sebagai referensi, edisi khusus ultra-eksklusif terbaru BMW, 3.0 CSL (juga dibatasi hingga 50 unit), dibanderol dengan harga 750.000 euro atau sekitar 820.000 dolar AS (Rp12,8 miliar) pada tahun 2022.

Beberapa di antaranya kemudian muncul di pasar mobil bekas dengan harga hingga 1,35 juta dolar AS.

Jadi, jika sejarah terulang kembali, Skytop kemungkinan akan mengikuti jejak yang sama.

Baca juga: Sedan sampai roadster, BMW klaim punya varian mobil premium terlengkap

“BMW Skytop adalah desain yang benar-benar eksotis dan menawarkan kombinasi antara dinamika berkendara dan keanggunan pada level tertinggi,” kata kepala desain BMW Group Adrian van Hooydonk.

“Akhirnya dapat mengumumkan bahwa mobil ini akan dibuat adalah seperti mimpi yang menjadi kenyataan. Terima kasih atas tanggapan yang sangat positif di seluruh dunia dan kepada tim yang bersemangat yang mengerjakan proyek ini,” tambahnya.

Mengikuti formula yang sama yang digunakan BMW dengan 3.0 CSL pada tahun 2022, Skytop bergabung dengan jajaran barang pameran lain yang mustahil didapatkan dan berharga mahal, menggunakan komponen siap pakai yang dibungkus dalam setelan khusus.

Baca juga: BMW tampilkan Z4 Roadster sebagai mobil impian IIMS 2019

Konsep Skytop didasarkan pada BMW Seri 8 yang sudah ada, didesain ulang dengan bodi khusus yang menampilkan kokpit semi-terbuka seperti targa.

Tenaga berasal dari mesin V8 terkuat BMW yaitu mesin twin-turbo 4,4 liter yang sama yang ditemukan di model M andalan seperti M8 Competition, yang menghasilkan 617 tenaga kuda (460 kW / 625 PS).

Dengan transmisi Steptronic delapan kecepatan dan penggerak semua roda xDrive, Skytop akan melesat dari 0 hingga 100 km/jam (62 mph) dalam 3,3 detik.

Baca juga: Mobil sport masa depan BMW i8 Roadster mejeng di GIIAS

BMW memborong arsip hits terbesarnya, memadukan elemen dari Z8 dan 503 coupe untuk menciptakan sesuatu yang retro dan modern yang jauh lebih bagus daripada model 8-Series Coupe dan Convertible yang menjadi dasarnya.

Ini merupakan penghormatan kepada era desain BMW yang lebih canggih dan elegan.

Bagian depan dengan hidung hiu yang menjadi ciri khas, bagian belakang yang mengalir, dan rangka aluminium yang membentang dari kap hingga bagasi, semuanya memperjelas bahwa ini bukan sekadar mobil roadster biasa.

Detailnya adalah tempat merek Bavaria itu memamerkan kekuatan desainnya, seperti tidak adanya gagang pintu, digantikan oleh sayap kecil yang halus, dan lampu LED yang dirancang khusus yang termasuk yang tertipis dari mobil produksi mana pun.

Baca juga: Lamborghini Veneno Roadster mobil termahal

Di bagian dalam, Skytop bermain aman, lebih mengandalkan material premium daripada interior yang sepenuhnya dibuat khusus untuk menonjolkan kesannya. Kabinnya tetap menggunakan tata letak dasbor dan paket teknologi Seri 8 yang sudah dikenal, tidak ada yang inovatif di sini.

BMW mencoba untuk meningkatkan kualitas dengan kulit cokelat kemerahan yang dijahit tangan dan detail brogue yang rumit.

Teknologinya persis seperti dari jajaran teratas BMW yakni tampilan head-up dan sistem suara Bowers & Wilkins untuk memastikan daftar putar Anda terdengar sekeras V8 di balik kapnya.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, semua 50 unit sudah terjual. Kecuali bersedia membayar premi yang sangat mahal di pasar sekunder, Skytop akan tetap menjadi salah satu karya seni otomotif yang tidak terjangkau bagi kebanyakan orang.

Baca juga: Roadster listrik konsep Polestar O2 hadir dengan drone terintegrasi