Banyuwangi (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono meletakkan patung Gajah Mada ke dasar laut dalam rangkaian peluncuran Majapahit's Warrior Underwater (MU) dan Monumen Mas Bagus Wangsakarya di wisata Pantai Bangsring Underwater Kabupaten Banyuwangi, Kamis.

"Sengaja saya minta kepada Kadis Budpar Jatim supaya titik peletakan MU ini tidak terlalu dalam, agar wisatawan bisa menikmati objek wisata ini cukup dengan snorkeling, tidak perlu sampai diving ke dalam," katanya dalam keterangannya di Banyuwangi.

Peletakan patung Gajah Mada ini membuktikan keseriusannya dalam mendongkrak pariwisata di Jawa Timur, karena Majapahit's Warrior Underwater (MU) dan Monumen Mas Bagus Wangsakarya ini digadang menjadi daya tarik wisata baru yang menggabungkan keindahan laut dengan megahnya diorama budaya Jawa Timur.

MU sendiri terdiri atas satu patung Patih Gajah Mada, 17 patung prajurit Majapahit, dan sebuah Gapura.

"Prajurit Majapahit ini menggambarkan betapa kuat dan besarnya Majapahit, sedangkan gerbang atau gapura menunjukkan Jawa Timur sebagai gerbang IKN. Karena selama pembangunan IKN 'raw materialnya' 70 persen disuplai dari Jawa Timur," kata Adhy Karyono.

Sedangkan Monumen Mas Bagus Wangsakarya merupakan ikon tokoh Blambangan yang dikenal sebagai guru dari Susuhunan Prabu Tawang Alun Kerajaan Macan Putih.

Penggabungan Majapahit dan Blambangan, kata Adhy, telah mendapat persetujuan dan izin dari tokoh adat dan tokoh masyarakat setempat.

Adhy mengatakan, peluncuran MU kali ini juga merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi ke-79 Pemprov Jawa Timur.

"Makanya kami berani meluncurkan ini dua hari sebelum peringatan Hari Jadi ke-79 Pemprov Jatim," ucapnya.

Adhy menambahkan, Pemprov Jawa Timur berkomitmen terus mendorong pariwisata sebagai leading sector perekonomian, di mana keberadaan MU dan Monumen Mas Bagus Wangsakarya adalah bagian dari pengembangan wisata bawah laut di kawasan Bangsring Underwater.

"Kami optimistis Bangsring Underwater akan menjadi ikon baru karena menjadi satu-satunya destinasi wisata di Jawa Timur yang menggabungkan keindahan laut yang luar biasa dengan diorama budaya yang megah," ujarnya.

Wisata Bangsring Underwater Banyuwangi dikenal dengan biota lautnya, baik itu terumbu karang, ikan, penangkaran hiu, dan berbagai macam model eco-tourism bawah laut.

Baca juga: Menko PMK sebut Wisata Bangsring Underwater jadi contoh desa wisata
Baca juga: Sandi: Nelayan di Desa Wisata Bangsring berubah jadi pelaku pariwisata