Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono meresmikan Skuadron Pendidikan (Skakdik) 506 khusus untuk memberikan pelatihan di bidang siber dan teknologi pertahanan.

Berdasarkan siaran pers resmi TNI AU yang diterima ANTARA, peresmian ini dilakukan di Bogor, Jawa Barat, Kamis.

Menurut Tonny, pihaknya membentuk skuadron ini agar para personel TNI AU memiliki keahlian di bidang penyerangan dan pertahanan siber.

"Skuadron Pendidikan 506 akan berfungsi sebagai wadah bagi prajurit TNI Angkatan Udara untuk mendalami ilmu siber, keamanan informasi serta berbagai aspek teknologi digital yang akan memperkuat pertahanan negara,” kata Tonny dalam siaran persnya.

Nantinya, Tonny akan melibatkan beragam pihak agar proses pelatihan di Skuadron 506 berjalan dengan efektif dan maksimal.

Salah satu yang diajak kerja sama TNI AU yakni Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang akan membantu di bidang penyusunan kurikulum pengajaran.

Tidak hanya kurikulum yang layak, Skuadron tersebut juga dilengkapi dengan beragam fasilitas teknologi yang menunjang proses belajar para siswa.

Dengan terasahnya kemampuan para personel di bidang siber dan teknologi pertahanan, Tonny yakin pihaknya dapat memanfaatkan teknologi siber untuk mempertahankan kedaulatan negara.

Baca juga: KSAU resmikan Skadik 506 di Bogor untuk tempat pendidikan siber TNI AU
Baca juga: KSAU libatkan teknologi siber dan drone dalam latihan Angkasa Yudha
Baca juga: KSAU persiapkan SDM mumpuni untuk perkuat satuan ruang angkasa

​​​​​​