Jakarta (ANTARA) - Plh. Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (persero) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta Tohari menyampaikan Daop 1 telah melayani lebih dari 8 juta penumpang kereta api jarak jauh selama Januari hingga September 2024.

Dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Kamis, ia menyatakan bahwa angka tersebut menunjukkan peningkatan sebesar 10,9 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya, yaitu 7,37 juta penumpang.

“Kami berterima kasih atas kepercayaan masyarakat yang terus menggunakan layanan KAI. Ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus menjaga dan meningkatkan standar pelayanan, terutama dalam aspek keselamatan dan kenyamanan,” ujar Tohari.

Ia menuturkan bahwa lima kereta api jarak jauh favorit penumpang selama periode tersebut adalah Tawang Jaya, Dharmawangsa, Mataram, Kertajaya, dan Majapahit.

Baca juga: KAI Daop 6 angkut 5 juta penumpang hingga triwulan III 2024

Pihaknya juga mencatat bahwa performa ketepatan waktu kereta api di wilayah KAI Daop 1 Jakarta juga mengalami peningkatan.

Ketepatan waktu keberangkatan mencapai 99,88 persen selama periode tersebut, sementara ketepatan waktu kedatangan mencapai 94,72 persen.

Tohari mengatakan bahwa peningkatan tersebut merupakan hasil dari upaya perbaikan operasional secara komprehensif, termasuk perawatan sarana dan prasarana.

Pihaknya berkomitmen untuk konsisten melakukan perbaikan di seluruh lini operasional untuk memberikan layanan terbaik dan menjaga keselamatan perjalanan kereta api, agar moda transportasi tersebut terus menjadi pilihan utama masyarakat dalam melakukan perjalanan.

“Ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan adalah indikator penting dalam pelayanan kami. Dengan berbagai peningkatan yang telah kami lakukan, penumpang kini semakin dapat mengandalkan kereta api sebagai moda transportasi yang efisien,” imbuhnya.

Baca juga: KAI Daop 8 catat kenaikan volume penumpang di Stasiun Malang

Untuk informasi lebih lanjut terkait layanan KAI, masyarakat dapat menghubungi layanan Customer Service di stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp di 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau melalui media sosial KAI121.