Depok (ANTARA) - Toko spesialis perlengkapan olahraga Topscore membangun ekosistem olahraga melalui aplikasi anyarnya, pada acara peluncuran di Depok, Jawa Barat, Kamis.

Aplikasi ini merupakan platform digital untuk transaksi jual-beli produk yang diperjualkan oleh Topscore. Lebih dari itu, aplikasi ini tidak hanya semata-mata jual beli, melainkan memiliki peran besar untuk melahirkan sebuah ekosistem olahraga tanah air.

Aplikasi ini akan menjadi pusat kegiatan bagi seluruh anggota komunitas. Dengan mengintegrasikan interaksi komunitas dan gamifikasi. Pengguna dapat berpartisipasi dalam berbagai acara olahraga, mengikuti kuis, dan bergabung dalam diskusi di forum yang didedikasikan untuk dunia olahraga.

CEO Topscore, Imam Choirul Roziqin, mengatakan tujuan utama pembuatan aplikasi ini adalah membuat ekosistem, mengkoneksikan penjual dengan pembeli. Keduanya masuk ke dalam ekosistem untuk terikat dengan bisnis utama.

"Topscore selalu berfokus pada lebih dari sekadar menjual produk. Kami membangun komunitas dan memberdayakan pelanggan kami untuk memiliki pengalaman menarik dalam sebuah ekosistem yang kami kembangkan. Aplikasi Topscore adalah perpanjangan dari visi kami, membawa kebahagiaan melalui melalui belanja, interaksi, dan apresiasi," ujar Imam Choirul Roziqin pada acara peluncuran.

Baca juga: NPC gandeng Mills gunakan produk asli Indonesia saat Paralimpiade

"Di dalam aplikasi itu banyak sekali fitur yang dibahas di sana dengan isu yang terkait dengan karakteristik mereka. Seharusnya mereka bisa bertahan, karena ada forum, klasemen, dan gim, terus transaksinya mudah. Forum yang dibicarakan tak hanya sepak bola saja, ada basket, badminton, dan futsal," tambahnya.

Imam menambahkan, aplikasi ini juga bisa penghubung antara Topscore dan pembeli dalam sebuah ekosistem. Bagaimana merawat para pembeli dengan salah satunya ikut serta dalam ajang-ajang yang diselenggarakan.

"Sudah ada 1.500 members komunitas yang tergabung dalam Topscore Community. Terdiri dari sepak bola, mini soccer, futsal, hingga running. Lewat aplikasi ini, mereka bisa mengikuti segala event Topscore," lanjut Imam.

Sementara itu, Federasi Futsal Indonesia (FFI) mendukung penuh aplikasi yang dibuat Topscore dalam menciptakan ekosistem yang baik untuk kemajuan olahraga nasional, khususnya dunia futsal Tanah Air.

"Tentu aplikasi ini menjadi database, ini hal yang menarik. Kita bisa tahu perkembangan olahraga kita bagaimana sih. Misalkan, kami dari federasi persiapkan uji coba timnas Indonesia melawan Malaysia pada Minggu (13/10) nanti, siapa tahu kita mendapatkan hasil baik. Setelah itu, banyak orang yang rajin berolahraga karena mendapat informasi bagus di forum aplikasi Topscore. Kita punya data dari Topscore, menganalisa kalau lagi naik (futsal) kita bisa bikin event-event ya kita sinkronkan,” kata Ketua FFI, Michael Victor Sianipar.

Baca juga: PBVSI jalin kemitraan apparel dengan jenama lokal Speed Jersey

Baca juga: Menpora apresiasi The Forum Sports Hub geliatkan industri olahraga