Jakarta (ANTARA) - Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Suban Kesbangpol) Kepulauan Seribu melibatkan masyarakat untuk turut serta berperan aktif menyukseskan pelaksanaan Pilkada Jakarta 2024.

“Kami menekankan agar peserta dalam hal ini Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), tokoh masyarakat Kelurahan Pulau Pari, serta RT/RW, untuk bersikap netral pada Pilkada,” kata Wakil Bupati Kepulauan Seribu Muhammad Fadjar Churniawan saat membuka peningkatan kemitraan pemerintah daerah dengan partai politik di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Kepulauan Seribu dorong posyandu terapkan enam bidang layanan ke warga

Menurut dia dibutuhkan sikap dan perilaku seluruh komponen bangsa untuk tanggap dan peduli serta mampu mengantisipasi berbagai kemungkinan munculnya ancaman dan hambatan jelang pelaksanaan Pilkada.

Ia mengatakan dengan semangat kebersamaan, keberagaman dan kebangsaan tanpa memandang suku, agama, ras, dan status sosial sekaligus berusaha membangun kesadaran kolektif guna mewujudkan suasana kehidupan bersama yang aman, damai dan harmonis.

Baca juga: Gulkarmat evakuasi nelayan meninggal dunia di Kepulauan Seribu

Sementara itu, Kepala Suban Kesbangpol Kepulauan Seribu, Achmad Yani Rivai Yusuf mengatakan tujuan kegiatan ini supaya terciptanya hubungan kemitraan yang positif dan konstruktif antara Pemerintah Daerah dengan Partai Politik di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

Ia mengatakan ada 100 peserta yang mengikuti kegiatan peningkatan kapasitas dengan narasumber dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) DR Hadi Supratikta, praktisi Suhusia, dan akademisi Drs. Syaikhun Hadisyaputra.

Baca juga: Wabup Kepulauan Seribu dorong ASN sukseskan program Baznas Bazis

"Kami memberikan dorongan dan pemahaman bagi kader partai politik sebagai mitra strategis pemerintah daerah untuk aktif berperan dalam pembangunan di Provinsi DKI Jakarta, khususnya di Kabupaten Kepulauan Seribu," katanya.