Jakarta (ANTARA) - Aktor Surya Saputra mengatakan bahwa bercerita dengan orang lain baik untuk melepaskan emosi, terutama emosi negatif dalam diri agar kesehatan mental tetap terjaga dengan baik dan membuka perspektif baru dalam menyikapi suatu hal.

"Dengan bercerita, kita melepaskan emosi kita, kalau ditahan terus malah jadi nggak bagus," kata Surya saat ditemui dalam konferensi pers "Bolehkah Sekali Saja Kumenangis" di XXI Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis.

Menurut dia banyak orang yang masih belum terbiasa menceritakan dirinya maupun masalahnya kepada orang lain. Padahal, bercerita dapat menjadi salah satu "obat" yang baik untuk kesehatan mental, salah satunya melepaskan emosi negatif dalam pikiran.

"Banyak dari kita yang memang tidak terbiasa untuk bercerita, mungkin bagi sebagian orang bercerita itu seperti mengungkapkan kelemahan," kata Surya.

Baca juga: Prilly Latuconsina : Kesehatan mental harus kita jaga

Baca juga: Tokoh-tokoh dalam film "Bolehkah Sekali Saja Kumenangis" diperkenalkan


Padahal itu salah, bercerita itu harus (dilakukan), sambungnya.

Oleh sebab itu, Surya menilai bercerita dapat menjadi salah satu cara terbaik untuk melepaskan beban pikiran yang bila ditumpuk terlalu lama dapat berpengaruh terhadap kesehatan mental.

Dia pun berpesan agar masyarakat dapat mempertimbangkan cara tersebut demi menjaga kesehatan mental masing-masing.

"Jadi, yang harus kita pikirin dulu adalah diri kita sendiri supaya mental kita sehat," kata Surya.

"Jangan karena nggak enakan, kita dianggap lemah, kita nggak mau cerita, jadi coba aja (bercerita kepada orang lain)," katanya mengakhiri percakapan.

Baca juga: Berkat anak, Surya Saputra & Cynthia Lamusu tidak bosan di rumah

Baca juga: Takut jarum suntik, Surya Saputra tetap donor darah