Jakarta (ANTARA) - Dua jurnalis Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA, Benardy Ferdiansyah dan Iggoy el Fitra (Fitra Yogi) meraih Penghargaan Subroto 2024 untuk kelompok Edukasi dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), di Jakarta, Kamis.

Penghargaan Subroto merupakan penghargaan tertinggi dalam bidang energi dan sumber daya mineral.

Jurnalis ANTARA Benardy Ferdiansyah meraih penghargaan setelah memenangi juara I lomba karya tulis jurnalistik hardnews dengan artikel berjudul "Badan geologi temukan potensi litium dan boron dukung transisi energi".

Benardy dalam artikelnya memberitakan kesuksesan Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam menemukan potensi mineral litium dan boron yang cukup menjanjikan di beberapa wilayah untuk mendukung program transisi energi di tanah air.

Sedangkan jurnalis foto ANTARA Iggoy el Fitra (Fitra Yogi) memenangi juara I lomba fotografi yang menampilkan karya foto jurnalistik seorang Sikerei, tabib Mentawai, mengisi token listrik yang habis di Desa Madobag, Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Keduanya dianugerahi Penghargaan Subroto 2024 yang diserahkan langsung oleh Menteri ESDM Bahlil Lahadalia, dalam acara Malam Puncak HUT Ke-79 Pertambangan dan Energi, yang dihadiri Presiden Joko Widodo, di Ballroom Kempinski Hotel, Jakarta, Kamis malam.

Presiden dalam sambutannya menyampaikan sektor ESDM merupakan sektor yang sangat strategis dan memiliki potensi sangat besar dan memiliki multiplier effect atau efek pengali yang besar bagi perekonomian nasional.

"Kita tahu dari 2014 sampai hari ini PNBP yang diterima negara dari ESDM besar sekali kurang lebih 1.800 triliun," kata Presiden.

Presiden juga mengatakan nilai tambah sektor ESDM sangat penting, karena nilainya sangat besar sehingga nilai tambah itu harus dikelola di dalam negeri.
Baca juga: Kantor Berita ANTARA dianugerahi penghargaan Vritta Aksata
Baca juga: Pewarta foto ANTARA meraih penghargaan APFI 2024
Baca juga: LKBN ANTARA terima penghargaan apresiasi media dari MIND ID
Baca juga: ANTARA terima penghargaan dari Kemnaker dukung perlindungan PMI
Baca juga: ANTARA meraih penghargaan Anugerah Jurnalistik Sahabat Bahari KKP
Baca juga: Perum LKBN ANTARA raih penghargaan media digital terbaik dari UI
Baca juga: ANTARA terima penghargaan dari Kemnaker dukung perlindungan PMI
Baca juga: LKBN Antara raih penghargaan media online terproduktif dari OJK