Semarang (ANTARA) - Taman Margasatwa Semarang Zoo segera mendapatkan tambahan koleksi satwa baru, berupa sepasang sitatunga atau sejenis antelop rawa dan sepasang burung pelikan yang semakin melengkapi koleksi satwa kebun binatang tersebut.

Dua jenis satwa tersebut diperoleh setelah adanya kesepakatan yang dilakukan antara PT Taman Satwa Semarang atau Semarang Zoo dan Taman Margasatwa Ragunan Jakarta.

Direktur Semarang Zoo Bimo Wahyu, dalam pernyataan di Semarang, Kamis, menyampaikan bahwa pihaknya telah menyetujui kesepakatan bersama dengan Taman Margasatwa Ragunan Jakarta untuk menghibahkan atau tukar-menukar satwa.

"Kami melakukan kunjungan kerja ke Taman Margasatwa Ragunan Jakarta. Dari kunjungan kerja tersebut, kami sepakat untuk menambah koleksi satwa yang ada di Taman Satwa Semarang atau Semarang Zoo. Alhamdulillah, kami mendapatkan hibah berupa sepasang sitatunga dan sepasang pelikan," katanya.

Dalam kesepakatan itu pula, lanjut dia, pihaknya juga melakukan tukar menukar koleksi satwa berupa harimau Benggala

"Kami memiliki 10 ekor harimau Benggala, sementara Taman Satwa Ragunan memiliki 5 ekor. Karenanya, kita saling bertukar harimau betina dan harimau jantan. Harapannya semakin berkembang dan bertambah banyak spesiesnya," katanya.

Baca juga: Kunjungan di Semarang Zoo capai 1.000 wisatawan per hari

Dengan bertambahnya koleksi satwa tersebut, Bimo berharap akan semakin banyak warga masyarakat yang berkunjung ke Semarang Zoo.

"Harapannya akan semakin banyak wisatawan yang kemudian berkunjung ke Semarang Zoo," harapnya.

Berbagai program kreatif dan menarik juga terus dilakukan PT Taman Satwa Semarang atau Semarang Zoo untuk mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan.

Selain menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, ada pula wahana animal show, wahana tunggang unta, "feeding aves" atau memberi makan burung, dan juga "feeding herbivor" atau memberi makan hewan pemakan rumput-rumput yang siap memanjakan pengunjung.

Baca juga: Semarang Zoo siapkan program khusus sambut libur Natal-Tahun Baru

Baca juga: Bandara Ahmad Yani ikut promosikan wisata Kota Semarang

Baca juga: Pemkot Semarang susun regulasi penyelenggaraan pariwisata berkualitas