Kuala Lumpur (ANTARA) - Tingkat pengangguran di Malaysia turun ke level 3,2 persen pada Agustus 2024 dari 3,3 persen yang tercatat pada bulan sebelumnya, dengan jumlahnya mencapai 558.500 jiwa, tunjuk data resmi pada Kamis (10/10).

Dalam pernyataannya, Departemen Statistik Malaysia (Department of Statistics Malaysia/DOSM) menyampaikan pasar ketenagakerjaan di Malaysia pada Agustus terus berkembang menyusul pertumbuhan ekonomi yang positif, dengan peningkatan yang berkelanjutan dalam jumlah orang yang bekerja.

Dalam hal ini, jumlah angkatan kerja pada Agustus semakin menguat, dengan kenaikan 0,1 persen secara bulanan (month on month) menjadi 17,22 juta orang. Seperti tercatat di bulan lalu, tingkat partisipasi angkatan kerja pada Agustus berada di level 70,4 persen.

"Pasar ketenagakerjaan Malaysia diperkirakan akan tetap stabil di sepanjang tahun ini, yang didorong oleh meningkatnya aktivitas pariwisata, ekspansi ekspor, dan inisiatif-inisiatif yang terkait dengan ketenagakerjaan dalam berbagai rencana induk negara ini," urai DOSM.