Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Saldi Isra mengungkit pentingnya peran partai politik dalam bernegara sebab suprastruktur politik Indonesia yang meliputi lembaga eksekutif, legislatif, dan yudikatif dibangun oleh partai politik.

"Misalnya, pengajuan calon presiden, konstitusi eksplisit mengatakan partai politik. Orang mau menjadi hakim agung, meskipun sudah disediakan instrumen yang namanya Komisi Yudisial, pada akhirnya ditentukan oleh DPR yang isinya partai politik," ucap Saldi Isra ketika menutup acara bertajuk Indonesia Integrity Forum 2024 di Jakarta, Kamis.

Dengan demikian, Saldi Isra merasa perlu adanya perhatian serius terhadap partai politik di Indonesia. Bahkan, dia terlambat menyadari betapa jarangnya pengelolaan partai politik menuai perhatian.

Padahal, kata Saldi Isra, hampir semua pergerakan lembaga di Indonesia tidak terlepas dari dukungan dan keterlibatan partai politik.

Oleh karena itu, dia menekankan bahwa yang harus menjadi fokus bersama untuk ke depannya adalah pengelolaan partai politik.

"Sejak 1999, kita bicara desentralisasi politik, tetapi tidak pernah bicara desentralisasi partai politik," kata Saldi.

Baca juga: PDIP terima bantuan dana parpol Rp28 miliar
Baca juga: Pemkab Manokwari salurkan Rp1,9 miliar demi iklim politik sehat


Dalam kesempatan tersebut, Saldi Isra juga mengungkapkan bahwa dirinya merupakan salah satu pendukung pembiayaan partai politik melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

APBN yang diberikan kepada partai politik, kata dia, dapat menjadi cara bagi publik untuk memiliki hak mengontrol partai politik.

Makin besar anggaran yang diberikan, menurut Saldi Isra, akan makin baik.

"Kalau penggunaan APBN dilarang total, partai politik akan tetap berdiri. Akan tetapi, kita, publik, dan rakyat akan kehilangan kekuatan untuk mengontrol partai politik," ucapnya.

Menurut dia, yang perlu dibangun adalah bagaimana mekanisme pertanggungjawaban uang negara yang digunakan untuk kelola partai politik.

"Hak publik untuk mengontrol partai politik akan makin besar,” kata Saldi.