Jakarta (ANTARA) - Pramugari menjadi pekerjaan yang diimpikan oleh banyak orang, tidak hanya karena penampilannya yang menawan tetapi profesi ini juga menawarkan kesempatan untuk menjelajahi berbagai penjuru dunia.

Namun, untuk meraih impian ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Selain kualifikasi tertentu, calon pramugari juga perlu tahapan pendidikan yang ada untuk melakukan pekerjaan ini.

Pengertian dari profesi pramugari adalah seorang pekerja profesional yang bertanggung jawab menjaga keselamatan, keamanan, dan kenyamanan dari setiap penumpang yang menaiki pesawat. Pramugari bekerja di bawah arahan dan instruksi dari kapten atau pilot pesawat,serta mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh maskapai penerbangan.

Berikut adalah syarat-syarat yang perlu dipenuhi serta besaran gaji yang bisa diharapkan yang bisa menjadi pertimbangan penting bagi siapa saja yang ingin berkarir di dunia penerbangan.

Persyaratan umum menjadi pramugari

Persyaratan untuk menjadi pramugari dapat bervariasi di setiap maskapai penerbangan, tetapi secara umum ada beberapa kriteria yang biasanya harus dipenuhi. Berikut adalah persyaratan umum yang sering dijumpai untuk calon pramugari.

Kualifikasi umum
  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Wanita
  • Bersedia mengikuti program pelatihan Flight Attendant (FAT) dengan biaya pendidikan yang ditanggung sendiri.

Kriteria untuk mengikuti program pelatihan Flight Attendant (FAT)
  • Berpenampilan menarik dan memiliki kepribadian yang baik.
  • Belum menikah (single).
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Usia minimum 18 tahun dan maksimum 27 tahun saat pendaftaran.
  • Tinggi badan minimum 158 cm dan maksimum 172 cm, dengan berat badan ideal serta postur tubuh yang proporsional.
  • Pendidikan minimum SMA/SMK/sederajat, dengan prioritas pada lulusan D3 atau lebih tinggi.
  • Tidak menggunakan kacamata (lensa kontak diperbolehkan dengan ketentuan maksimal minus -3.00 dan silindris C -1.00).
  • Mampu berbahasa Inggris dengan baik, baik lisan maupun tulisan, dan diutamakan memiliki kemampuan dalam bahasa asing lainnya.

Tahapan seleksi siswa FAT
  • Pengukuran tinggi dan berat badan serta tes penampilan.
  • Psikotest dan tes Bahasa Inggris.
  • Background check dan wawancara kompetensi.
  • Pantuhir (uji coba).
  • Medical Examination (Medex).

Besaran gaji Pramugari Gaji pramugari bervariasi tergantung pada maskapai, pengalaman dan jam terbang. Dengan berbagai tunjangan dan bonus tambahan, profesi ini menjadi salah satu pilihan menarik bagi banyak orang yang ingin membangun karir di industri penerbangan. Berikut adalah ringkasan tentang gaji pramugari di beberapa maskapai penerbangan di Indonesia:

1. Pramugari Garuda Indonesia

Pramugari Garuda Indonesia dikenal dengan kecantikan dan keramahan serta menawarkan gaji yang tinggi. Gaji bulanan pramugari dapat mencapai sekitar Rp 30 juta, termasuk gaji pokok, uang terbang, uang makan, uang saku dan tunjangan lainnya.

2. Pramugari Lion Air

Meskipun Lion Air terkenal dengan tiket yang terjangkau, gaji pramugarinya cukup kompetitif. Pramugari junior mendapatkan gaji pokok sekitar Rp 2-3 juta, sementara pramugari senior bisa mendapatkan Rp 5-6 juta. Total gaji bulanan dengan bonus dan tunjangan bisa mencapai Rp 15-20 juta.

3. Pramugari Batik Air

Gaji pramugari Batik Air bervariasi tergantung jam terbang. Dengan gaji pokok sekitar Rp 3 juta dan tambahan dari uang terbang dan makan, total gaji bulanan bisa mencapai sekitar Rp 10 juta.

4. Pramugari Super Air Jet

Maskapai yang baru berdiri ini menawarkan gaji yang cukup menarik. Gaji pramugari Super Air Jet bisa mencapai Rp 14 juta per bulan, termasuk gaji pokok dan bonus.

5. Pramugari Citilink

Sebagai anak perusahaan Garuda Indonesia, Citilink juga menawarkan gaji yang menarik. Pramugari junior mendapatkan gaji pokok Rp 4 juta, sedangkan senior mendapatkan Rp 6 juta. Dengan tambahan tunjangan total gaji dapat mencapai Rp 20 juta.

6. Pramugari Sriwijaya Air

Sriwijaya Air dikenal sebagai maskapai terpercaya dengan gaji pramugari yang kompetitif. Gaji bulanan pramugari berada di kisaran Rp 19 juta, termasuk gaji pokok dan bonus.

Baca juga: Park Bo Gum dan Suzy jadi pramugara-pramugari di film Wonderland

Baca juga: KPK periksa satu pramugari sebagai saksi kasus TPPU Lukas Enembe

Baca juga: Wapres: Aneh bila ada larangan penggunaan jilbab bagi pramugari