Samarinda (ANTARA) - Penjabat Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik meminta perusahaan tambang di wilayah tersebut untuk meningkatkan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) bagi masyarakat sekitar.

"Kemarin saya mengunjungi PT Kideco Jaya Agung di Kabupaten Paser. Saya mengapresiasi langkah nyata mereka dalam memanfaatkan lahan bekas tambang untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat," katanya di Samarinda, Kamis.

Akmal Malik melihat banyak hal positif yang telah dilakukan Kideco, seperti pembinaan UMKM, pengembangan pariwisata, dan program penanaman pohon.

"Peran pertambangan sangat bagus untuk membuat masyarakat lebih berpartisipasi dalam pembangunan. Pelaku usaha mikro hidup, pariwisatanya dibangun. Ini yang kita inginkan agar memiliki dampak positif bagi masyarakat di sekitar tambang," tambahnya.

Perusahaan tersebut juga menyerahkan sekitar 8,5 hektare lahan bekas tambang agar dimanfaatkan untuk pengembangan pertanian yang terintegrasi, berkolaborasi dengan masyarakat sekitar.

"Tadi juga ada 13 ekor sapi yang diserahkan. Kita berharap nanti ini dikelola oleh kelompok masyarakat sehingga bisa berkembang. Inilah yang kami katakan, pertambangan itu hadir untuk membuat masyarakat sejahtera," jelas Akmal Malik.

Dia juga menegaskan bahwa narasi negatif tentang pertambangan yang selama ini beredar, khususnya di media sosial, tidak terjadi di Kaltim.

"Perusahaan tambang yang ada di Kalimantan Timur taat asas dan mereka memenuhi seluruh ketentuan peraturan perundangan. Mereka memberikan dampak positif bagi masyarakat," tegasnya.

Akmal Malik juga berharap Kideco dapat mengembangkan program hortikultura di lahan-lahan bekas tambang.

"Ke depan kita bisa dorong lagi untuk hortikultura, seperti jeruk, alpukat, durian. Tadi kita sudah tanam. Ke depan kita bisa kembangkan lagi," harapnya.

Kunjungan Akmal Malik ke Kideco juga dihadiri oleh 22 perusahaan tambang lainnya. Akmal Malik berharap perusahaan-perusahaan tersebut dapat meniru dan memodifikasi program-program yang telah dilakukan Kideco.

"Ini forum untuk kita berbagi pengalaman, forum kita untuk mencapai tujuan bahwa pertambangan hadir untuk kesejahteraan masyarakat," kata Akmal Malik.

Dalam kunjungan tersebut, Akmal Malik juga meninjau sejumlah program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) yang telah dijalankan Kideco.

Perusahaan itu juga aktif melakukan penanaman pohon di lahan bekas tambang untuk penghijauan dan konservasi lingkungan.

Akmal Malik berharap program-program PPM yang telah dijalankan Kideco dapat direplikasi dan dimodifikasi oleh perusahaan tambang lainnya di Kaltim.