Siak, Riau, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Siak, Provinsi Riau, menabur 20 ribu benih ikan patin ke Sungai Siak sebagai upaya konservasi alam dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-25 Kabupaten Siak yang jatuh pada 12 Oktober.
“Kita tahu ikan patin di Sungai Siak atau Sungai Jantan ini populasinya terus berkurang. HUT Ke-25 Siak ini momentum kita merawat Sungai Siak termasuk juga keanekaragaman hayati di dalamnya kita jaga,” kata Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Siak Indra Purnama, di Siak, Kamis.

Baca juga: Pemkot Palembang sebar 2.000 benih ikan patin di Sungai Musi
Ia menambahkan bahwa tabur bibit patin ini juga termasuk upaya menjaga keberadaan ikan di Sungai Siak, yang nantinya ketika ikan sudah besar dan berkembang dapat ditangkap dan dikonsumsi masyarakat Kabupaten Siak.

“Mari bersama-sama kita jaga sungai ini, tidak buang sampah ke sungai dan yang penting menangkap ikan tidak dengan cara diracun. Ikan yang kita tabur sekarang bisa berkembang sehingga mendatangkan manfaat bagi masyarakat kita,” ujar Indra.

Baca juga: Pemkot Kediri tebar ribuan benih ikan di Sungai Brantas
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Siak Arfan Usman menjelaskan tujuan tabur benih ikan patin ini ada kaitanya dengan roadmap Siak kabupaten hijau yang saat ini terus disosialisasikan pemerintah daerah.

“Tabur benih ikan patin yang kita lakukan sebagai upaya melestarikan keberadaan ikan khas Sungai Siak, yang saat ini sudah sangat sulit didapatkan,” ujar dia.

Selain itu, menurut dia, saat ini masyarakat Kabupaten Siak juga sudah mulai suka makan ikan sungai. Makan ikan sungai juga dapat mencegah anak stunting.

Baca juga: Ribuan benih ikan ditebar di Sungai Ogan Kabupaten OKU
“Kami berharap, dengan ditebarkannya ikan patin ini dapat menjadi sumber ekonomi bagi warga di sekitar Sungai Siak," katanya.