Beijing (ANTARA) - Kantor-kantor umum Komite Sentral Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC) dan Dewan Negara China belum lama ini meluncurkan pedoman tentang akselerasi pengembangan dan pemanfaatan sumber daya data publik, yang bertujuan untuk memberikan dukungan solid dalam mewujudkan ekonomi digital yang kuat dan membangun keunggulan kompetitif baru bagi negara itu.

Per 2025, sistem dan aturan untuk pengembangan serta pemanfaatan sumber daya data publik akan terlebih dahulu ditetapkan. Produk dan layanan data akan terus diperkaya, dan kemajuan signifikan harus dicapai dalam pengembangan serta pemanfaatan sumber daya data publik di industri-industri dan daerah-daerah utama, demikian menurut pedoman tersebut.

Per 2030, sistem komprehensif untuk pengembangan dan pemanfaatan sumber daya data publik akan dibentuk, dengan sirkulasi dan penggunaan data yang sesuai aturan serta efisien. Sementara itu, data publik akan memainkan peran penuh sebagai faktor esensial dalam pemberdayaan ekonomi riil, sehingga memperluas permintaan konsumen dan ruang investasi serta meningkatkan kapasitas tata kelola.

Sistem kebijakan yang kuat untuk pembukaan data harus dibangun, seraya menekankan bahwa langkah-langkah yang sesuai harus diambil guna memastikan pembukaan data dilakukan secara tertib sesuai hukum dan peraturan, dengan alasan untuk menjaga keamanan data nasional serta melindungi informasi pribadi dan rahasia bisnis, urai pedoman tersebut.

Pedoman itu juga mendorong aplikasi inovatif untuk mendorong perkembangan industri data yang sehat. Selain itu, pedoman tersebut mengimbau koordinasi dalam pengembangan dan pengamanan guna menciptakan lingkungan yang andal bagi pengembangan dan pemanfaatan sumber daya data publik.