-- Mengembangkan Layanan Keamanan Jaringan untuk Pasar Asia Tengah --


Tashkent, Uzbekistan, (ANTARA/PRNewswire)- Hari ini, Internet Initiative Japan Inc. (IIJ, TSE Prime: 3774), salah satu perusahaan terkemuka di Jepang yang menyediakan akses Internet dan solusi keamanan jaringan komprehensif, dan JSC Uzbektelecom, BUMN Uzbekistan yang bergerak di sektor telekomunikasi, sepakat berkolaborasi dalam pengembangan layanan keamanan jaringan di pasar Uzbekistan dan Asia Tengah. Sebagai langkah awal dalam kolaborasi ini, IIJ akan menyediakan struktur IIJ Safous (*1), layanan zero-trust access, untuk Uzbektelecom. Selanjutnya, Uzbektelecom berencana meluncurkan layanan keamanan jaringan yang dikombinasikan dengan layanan jaringan IIJ.




*1 Situs IIJ Safous: https://www.safous.com/




Kolaborasi IIJ dan Uzbektelecom merupakan langkah penting dalam peningkatan layanan keamanan jaringan di Uzbekistan dan wilayah Asia Tengah secara lebih luas. Dengan keahlian IIJ dalam pengembangan teknologi, serta keunggulan operasional dan jangkauan pasar Uzbektelecom di Uzbekistan, kolaborasi ini segera menciptakan sinergi baru yang kelak mendukung pembangunan infrastruktur telekomunikasi mutakhir di negara tersebut.




Pada fase awal, IIJ dan Uzbektelecom akan memperkenalkan IIJ Safous, layanan zero-trust access, di tengah lonjakan kebutuhan solusi keamanan siber canggih. Hal tersebut juga sejalan dengan upaya Uzbekistan meningkatkan infrastruktur digital lewat "Digital Uzbekistan 2030". Kemitraan ini melanjutkan kolaborasi yang lebih luas, berawal dari "Telecommunication Infrastructure Development Project" pada Januari 2023 yang melibatkan sejumlah perusahaan terkemuka: Toyota Tsusho Corporation, NEC Corporation, dan NTT Communication Corporation (*2).




*2 Rilis berita yang diterbitkan pada 27 Januari 2023: https://www.iij.ad.jp/en/news/pressrelease/2023/0127.html




Seiring perkembangan pasar TIK di Uzbekistan, kolaborasi ini menjadi dasar bagi inovasi berikutnya pada segmen layanan managed security, komputasi awan, serta layanan lain yang berkaitan dengan jaringan. Rencana ekspansi pun telah disusun untuk segmen-segmen lain, seperti Firewall Management Service yang disediakan IIJ, melambangkan visi jangka panjang dari kolaborasi ini. Lebih lagi, kolaborasi ini berpotensi mencakup layanan yang kian lengkap dan infrastruktur digital yang semakin berkembang. Apalagi, segmen outsourcing services di Uzbekistan segera mengalami pertumbuhan pesat dengan tingkat pertumbuhan rata-rata per tahun sebesar 12,53% pada periode 2024-2029.




Secara keseluruhan, kolaborasi ini selaras dengan target-target transformasi digital Uzbekistan, serta layanan komputasi awan sebagai model kemitraan serupa di wilayah lain.




Tentang IIJ

Berdiri pada 1992, IIJ adalah salah satu perusahaan terkemuka di Jepang yang menyediakan akses Internet dan solusi keamanan jaringan komprehensif. IIJ dan unit-unit usahanya menyediakan solusi jaringan lengkap yang banyak digunakan perusahaan besar. Layanan IIJ mencakup layanan konektivitas Internet bermutu tinggi, integrasi sistem, layanan komputasi awan, layanan keamanan siber, dan layanan seluler. IIJ juga telah membangun salah satu jaringan backbone Internet terbesar di Jepang yang menghubungkan Amerika Serikat, Inggris, dan Asia. Saham IIJ tercatat pada papan perdagangan utama di Bursa Efek Tokyo pada 2022.




Informasi lebih lanjut tentang IIJ: https://www.iij.ad.jp/en/.




Tentang Uzbektelecom

Uzbektelecom Joint Stock Company, berdiri pada 1992, adalah operator telekomunikasi terbesar yang menjangkau seluruh wilayah Uzbekistan. Memanfaatkan infrastruktur telekomunikasi yang dirancang dengan teknologi modern, Uzbektelecom menyediakan berbagai jenis layanan telekomunikasi dan komputasi awan (cloud), serta aktif memperluas portofolio layanan digital.




Sejumlah pernyataan yang termuat dalam rilis berita ini mengandung pernyataan prospektif ("forward-looking statement") tentang rencana mendatang yang penuh risiko dan ketidakpastian. Pernyataan tersebut dapat berbeda secara material dari peristiwa atau kinerja sebenarnya pada masa depan.




Narahubung:

IIJ Corporate Communications

Tel: +81-3-5205-6310 Surel: press@iij.ad.jp

https://www.iij.ad.jp/en/




JSC Uzbektelecom

Surel: info@uztelecom.uz

https://uztelecom.uz/en