Jakarta (ANTARA) - Foxtron, anak perusahaan otomotif dari raksasa teknologi Taiwan Foxconn, yang memproduksi produk Apple seperti iPhone telah mengungkap konsep mobil listrik terbarunya.

Dijuluki ‘Model D’, minivan bertenaga baterai ini dirancang oleh firma desain mobil ternama asal Italia Pininfarina, yang sebelumnya pernah bekerja sama dengan perusahaan seperti Ferrari, Alfa Romeo, Peugeot, dan Ford.

Menurut beberapa laporan luar negeri yang dikutip Drive pada Rabu (9/10) waktu setempat, Foxtron mengklaim Model D memiliki jangkauan WLTP maksimum 400 mil (643 km) dan ditenagai oleh baterai lithium-iron-phosphate (LFP) 100-120 kW.

Sebagai perbandingan, jika Foxtron meluncurkan Model D di Australia hari ini, mobil ini akan memiliki jangkauan maksimum ketiga tertinggi dari semua kendaraan listrik di pasar domestik, tepat di bawah Mercedes-Maybach EQS (662 km) dan Polestar 2 Long Range Single Motor (659 km).

Baca juga: Pabrik Foxconn di China genjot produksi hingga kapasitas puncak

Baca juga: Bahlil memastikan investasi Foxconn terealisasi tahun ini


Konsep mobil listrik tujuh penumpang ini memiliki panjang 5.195 mm, lebar 1.995 mm, dan tinggi 1.785 mm.

Sebagai referensi, LDV Mifa 9 bertenaga baterai yang saat ini tersedia di Australia memiliki dimensi yang sama, masing-masing 5.270 mm, 2.000 mm, dan 1.840 mm.

Di dalam, Model D memiliki konfigurasi kursi 2+2+3, sementara dasbor menampilkan kluster digital di samping layar sentuh infotainment layar lebar.

Dua layar sentuh digital lainnya ditambahkan di sandaran kursi yang terletak di baris kedua.

Menurut laporan situs web AS Carscoops, Foxtron Model D dapat mulai diproduksi dalam dua tahun ke depan tetapi dapat diberi merek di bawah produsen mobil yang berbeda, mirip dengan Model C satu-satunya model Foxtron yang diproduksi serta dijual sebagai Luxgen 7 di negara asalnya, Taiwan.

Kendaraan listrik Model D merupakan model Foxtron ketiga yang dirancang Pininfarina, setelah Model E, konsep sedan listrik, yang sebelumnya diumumkan pada tahun 2021.

Menurut laporan sebelumnya oleh media internasional Motor1, Pininfarina mengklaim Model E memiliki jangkauan maksimum 750 km dan menghasilkan 750 tenaga kuda.

Model B SUV listrik kecil yang menyaingi Jeep Avenger dan Kia Niro yang dipamerkan sebagai versi produksi di Geneva Motor Show 2024.

Seperti yang dilaporkan sebelumnya oleh Drive, Foxtron mengatakan Model B memiliki jangkauan maksimum yang diklaim 500 km, tetapi perusahaan yang berbasis di Taiwan tersebut belum mengumumkan kapan dan di mana model ini akan dijual.

Baca juga: Bahlil ungkap strategi gaet investasi baterai mobil listrik

Baca juga: Foxconn pamer tiga mobil listrik, berambisi jadi pemain utama di Asia

Baca juga: Fisker gandeng pemasok Apple untuk produksi mobil listrik