Kabupaten Bandung (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengungkapkan bahwa dirinya optimistis tim nasional sepak bola Indonesia dapat meraih poin saat melawan Bahrain pada pertandingan ketiga Grup C babak kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Nasional Bahrain, Riffa, Kamis pukul 23:00 WIB.

Dito mengatakan Kemenpora bersama PSSI sudah menyiapkan secara optimal agar sepak bola Indonesia bisa terus berprestasi tidak hanya di tingkat Asia tapi juga dunia.

"Kita melihat bagaimana menyiapkan timnas yang sangat optimal, kita lihat bagaimana dari kemarin banyak sejarah yang dipecahkan, terakhir kita imbang dengan Australia," kata Dito saat ditemui di Kabupaten Bandung, Kamis.

Dito mengungkapkan Timnas Indonesia memiliki mentalitas tinggi untuk bersaing dengan tim-tim kuat, sehingga dirinya yakin Indonesia mampu bersaing memperebutkan tempat di Piala Dunia 2026 yang diselenggarakan di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko, pada 11 Juni sampai 19 Juli 2026.

Baca juga: Pratinjau Bahrain vs Indonesia: upaya hapus memori kelam
Baca juga: STY tegaskan hasil bagus timnas bukan hanya karena pemain keturunan


Dirinya memprediksi dengan materi pemain yang levelnya sudah meningkat, skuad Garuda bisa mencuri poin di kandang Bahrain.

"Semoga dengan Bahrain minimal imbang, tetapi lebih baik menang," kata dia.

Menjelang pertandingan ini, Indonesia tercatat belum pernah terkalahkan dengan menorehkan dua hasil imbang kontra Arab Saudi dan Australia.

Sementara itu, Bahrain juga memiliki penampilan cukup baik setelah mampu mendapatkan tiga poin kontra Australia, namun dibantai oleh Jepang setelahnya.

Kini Indonesia yang menempati peringkat empat dengan dua poin klasemen sementara Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026, hanya terpaut satu poin dari Bahrain di posisi ketiga.

Baca juga: Daftar skuad Timnas Indonesia dan Bahrain untuk laga nanti malam
Baca juga: Shin Tae-yong: Ini laga yang sangat penting bagi Indonesia dan Bahrain