Jakarta (ANTARA) - Badai atau topan tropis Milton menghantam negara bagian Florida, Amerika Serikat setelah sebelumnya diketahui terbentuk di Teluk Meksiko sejak Minggu (6/10) dan memporakporandakan area.

Bencana itu membuat pemerintah AS mengeluarkan peringatan darurat bahwa fenomena itu bisa menjadi badai terburuk di kurun waktu lebih dari 100 tahun yang menerjang kawasan selatan AS.

Pusat Hurikan Nasional dan Pusat Hurikan Pasifik Tengah (NHC NOAA) Amerika Serikat mencatat badai menguat dan Gubernur Negara Bagian Florida mengumumkan keadaan darurat di 35 distrik di Florida.

Berikut lima hal yang diketahui terkait Badai Milton dikutip dari sejumlah sumber:

1. Topan besar.
Kecepatan angin maksimal di titik pusat Badai Milton pernah mencapai 270 kilometer per jam (KPJ) pada Senin lalu dan masih bergerak ke arah timur sehingga dimasukkan sebagai badai Kategori 5 (kecepatan di atas 250KPJ). Namun pada Selasa (8/10), kekuatannya menurun ke kategori 4. Ketika menerjang Florida, Topan Milton masuk ke kategori 3 (kecepatan angin permukaan di atas 160 KPJ) pada Kamis (10/10). Dengan kekuatan itu, tetap saja Topan Milton memiliki daya rusak yang besar.

2. Hujan deras dan banjir bandang.
Hujan deras di Florida juga diperkirakan terjadi hingga Kamis sehingga badan pemantau menerbitkan potensi bahaya banjir bandang di sejumlah kota, serta meluapnya air sungai. Pihak NHC NOAA Amerika Serikat menjelaskan kawasan besar yang terdampak taufan di bagian barat Florida dapat terendam air setinggi lebih dari 1 meter sehingga dapat mengancam nyawa warga. Badan itu mengeluarkan pernyataan darurat pada Kamis dini hari bahwa banjir bandang masih mengancam kawasan di Florida barat tengah dan angin kencang yang merusak telah mencapai pesisir Florida timur.

3. Biden minta warga mengungsi.
Presiden AS Joe Biden meminta warga di Florida untuk mengungsi karena kekuatan taufan yang begitu besar. "Anda seharusnya sudah mengungsi. Ini adalah masalah hidup dan mati," kata Biden pada Selasa.

4. Taufan ketiga yang landa selatan - timur AS.
Badai Milton menjadi taufan ketiga yang melanda negara bagian Florida. Pada September 2024, Topan Helene menerjang Florida dan tercatat menewaskan 12 orang pada Kamis (27/10). Sementara Topan Debby juga terjadi pada awal Agustus 2024 menyebabkan angin tornado, banjir di pesisir timur AS, dan matinya aliran listrik.

5. Tunda peluncuran roket misi Europa Clipper.
Nasa dan SpaceX menunda peluncuran misi EuropaClipper pada 10 Oktober akibat badai yang membesar dan akan mengevaluasi rencana peluncuran setelah taufan berlalu.

Baca juga: Pakar: Badai Milton berpotensi jadi siklon tropis paling destruktif
Baca juga: Biden tunda perjalanan ke luar negeri saat Badai Milton