Ambon (ANTARA) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Maluku bersama Universitas Kristen Maluku (UKIM) Ambon berkolaborasi program Gerakan Nasional Cerdas Keuangan, Edukasi Keuangan (Gencarkan Edukasiku).

Kegiatan Gencarkan Edukasiku dilaksanakan di UKIM Ambon bertepatan dengan bulan Inklusi Keuangan Tahun 2024, dengan tema "Masyarakat Maluku Cerdas Keuangan Menuju Indonesia Emas", kata Kepala OJK Provinsi Maluku Andi Muhammad Yusuf, di Ambon, Rabu.

Deklarasi bersama komitmen menyukseskan Gencarkan Edukasiku, sebagai bentuk dukungan seluruh pimpinan PUJK yang hadir bersama OJK dan UKIM.

Deklarasi ini diharapkan dapat memperkuat komitmen para pemangku kepentingan untuk mengedukasi masyarakat di Maluku.

"Edukasi keuangan nantinya akan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pengelolaan keuangan, mencegah maraknya judi online, menghindarkan masyarakat dari tawaran investasi ilegal dan pinjaman online ilegal yang dapat mengakibatkan kerugian finansial," katanya.

Ia menjelaskan, program Gencarkan Edukasiku disusun untuk mendukung penuh program gencarkan yang telah dicanangkan secara nasional.

Program Gencarkan Edukasiku dirancang untuk mengorkestrasi seluruh pemangku kepentingan di daerah, dalam upaya peningkatan literasi dan inklusi keuangan guna mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Maluku.

Berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh OJK bersama BPS, tingkat inklusi keuangan di Indonesia saat ini sebesar 75,02 persen, sedangkan indeks literasi keuangan sebesar 65,43 persen.

Hasil SNLIK tersebut, menunjukkan bahwa masih terdapat ruang besar untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan.

Peningkatan kedua indikator ini diharapkan dapat menjadi kunci pendalaman, penguatan, dan pengembangan sektor jasa keuangan, termasuk penyaluran pembiayaan, yang pada akhirnya akan menjadi faktor pengungkit bagi pertumbuhan ekonomi khususnya di Maluku," katanya.

Rektor UKIM Henky H Hetharia mengapresiasi OJK Provinsi Maluku dan FKLJK Maluku yang telah memilih UKIM sebagai salah satu mitra kolaborasi program Gencarkan Edukasiku.

"Civitas akademika UKIM akan turut serta menyukseskan Gencarkan Edukasiku, sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui pengabdian masyarakat dengan memberikan edukasi keuangan secara merata," ujar Henky.

Rangkaian acara diisi juga dengan penyerahan simbolis inklusi keuangan kepada mahasiswa melalui penyerahan produk Tabungan Simpanan Mahasiswa dan Pemuda (SIMUDA), pembukaan rekening efek, dan pembukaan rekening tabungan emas.
Baca juga: OJK dorong penegakan integritas kepada pegawai perusahaan mitra
Baca juga: OJK setujui perubahan aturan transaksi “short selling” efek