Makassar (ANTARA) - Anak usaha Bank Mandiri, Mandiri Utama Finance (MUF) mendukung target pemerintah Indonesia dalam mencapai Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060 dengan berkomitmen mendukung pembiayaan kendaraan elektrik yang terjangkau oleh masyarakat.

"Mandiri Utama Finance yang merupakan anak perusahaan BUMN, Bank Mandiri telah berkomitmen memberikan pembiayaan kendaraan elektrik maupun konvensional dengan bunga terendah yakni2 persen agar mudah dijangkau masyarakat," kata Senior Excutive Vice President MUF, Yanto Tjia disela pameran otomotif bertajuk "MUF Auto Fest 2024" di Makassar, Rabu.

Dia mengatakan, dengan membantu memberikan pembiayaan kendaraan listrik (electric vehicle/EV) kepada masyarakat dengan bunga yang rendah, diharapkan dapat mendukung pemerintah menurunkan gas emisi karbon pada 2060.

"Yang namanya kendaraan elektrik atau EV itu memang pasar yang paling besar di Jabotabek, di sini mulai kami berbicara dengan Wuling salah satunya, 60:40 persen artinya 60 persen konvensional 40 persen EV, jadi kami sebagai Mandiri Utama Finance tetap mendukung pembiayaan konvensional maupun EV," katanya.

Dia menjelaskan, MUF mencatat hingga September 2024 telah menyalurkan pembiayaan sebanyak Rp1,6 triliun untuk wilayah Sulawesi, termasuk Makassar.

Penyaluran pembiayaan tersebut tumbuh 21,9 persen dibandingkan periode yang sama 2023, karena salah satu faktor pendukungnya meningkatnya pembiayaan kendaraan elektrik (listrik).

Komitmen dukungan penggunaan kendaraan listrik untuk mencapai target ZNE 2060 telah ditunjukkan Pemerintah Kota Makassar melalui layanan pemeriksaan kesehatan mobile puskesmas, dengan 45 unit mobil listrik yang disebar di 14 kecamatan di Makassar.

Yanto mengatakan, Sulawesi memang merupakan wilayah dengan potensi pertumbuhan ekonomi yang besar, sehingga penyaluran pembiayaan MUF juga bertumbuh.

Berkaitan dengan hal tersebut, pihaknya menyelenggarakan MUF Auto Fest untuk yang kedua kalinya di Sulawesi yang dipusatkan di Kota Makassar.

Sementara MUF Auto Fest 2024 yang digelar di Makassar pada 9 - 13 Oktober 2024 dimeriahkan oleh 14 peserta pameran dari berbagai merek otomotif terkemuka di pasar mancanegara maupun yang sudah berasimilasi dengan produk dalam negeri.
Senior Executive Vice President (SEVP) Mandiri Utama Finance Yanto Tjia (tengah) didampingi Regional Head Sulawesi MUF Aris Toteles dan Marketing Used Vehicles & Business Relationship SEVP Nugroho Budy Prasetyo pada pameran otomotif "MUF Auto Fest 2024" di Makassar, Rabu (9/10/2024). Antara (Suriani Mappong)