Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan sinergi ekosistem pusat data di Indonesia dapat mempercepat laju transformasi digital secara nasional.

Ia mengatakan ekosistem data center milik pemerintah dan swasta perlu disinergikan karena saat ini pusat data tidak hanya berfungsi sebagai medium penyimpanan data tapi juga menjadi platform pengembangan teknologi baru seperti komputasi awan, kecerdasan artifisial, hingga blockchain.

"Ini perlu dibarengi dengan penguatan sinergi antara sektor publik dan swasta untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi perkembangan dan kemajuan teknologi," kata Budi dalam Grand Opening Gedung Bersama Digital Data Centres, di Jakarta Timur, Rabu.

Lebih lanjut, Budi mengatakan peresmian infrastruktur pusat data yang melibatkan banyak pemangku kepentingan di Indonesia itu menjadi tonggak sejarah dalam penguatan ekosistem pusat data nasional.

Baca juga: Kemenkominfo percepat pemaduan layanan digital nasional

Baca juga: Pusat data salah satu komponen paling penting ekonomi digital


Ia berharap kehadiran Gedung Bersama Digital Data Centres dapat memacu pertumbuhan industri nasional, meningkatkan daya saing sektor digital Indonesia, serta mempercepat transformasi digital.

“Semoga turut memacu juga seluruh industri data center supaya lebih kompetitif, maju, dan bisa memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat," ungkapnya.

Dengan percepatan transformasi digital Budi meyakini bahwa dalam satu dekade ke depan, industri di sektor digital Indonesia akan bertumbuh pesat jika dibandingkan dengan sektor-sektor lainnya.

Untuk mempersiapkan pertumbuhan ekosistem industri digital yang sehat maka dari itu Pemerintah melalui Kementerian Kominfo berupaya menghadirkan kebijakan yang mampu mengakomodir fair level playing field.

“Ketika sektor industri lain mulai melambat, industri digital justru semakin berkembang karena nilainya dapat meningkat signifikan dengan investasi yang tepat. Dengan kebijakan ini, semua pihak memiliki kesempatan yang setara untuk berpartisipasi dalam pengembangan sektor ini,” tutupnya. Dalam peresmian pusat data bersama tersebut turut hadir Wakil Menteri Luar Negeri Pahala, Komisaris Utama Bersama Digital Data Centres Setyanto Hantoro, dan Ketua Umum Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia Muhammad Arif Angga.

Baca juga: Kominfo berupaya Indonesia siap hadapi transformasi digital

Baca juga: Pusat data jadi inovasi menarik untuk bisnis sektor digital

Baca juga: Bali Blockchain Summit bahas penguatan infrastruktur digital Indonesia