Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara mengedukasi wali murid terkait makanan bergizi bagi anak sekolah dan guru sehingga mereka memiliki pengetahuan tentang makanan yang dapat meningkatkan tumbuh kembang anak hingga dewasa.

"Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari program uji coba Makan Bergizi Gratis (MBG) yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di sekolah ini," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara, Lysbeth Regina Pandjaitan di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan, melalui edukasi ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang bahan makanan bergizi dan cara mengolahnya dengan sehat. "Sehingga nantinya bisa dipraktikkan di rumah," katanya.

Dia mengatakan, pihaknya melibatkan 50 wali murid dan guru di SDN Rorotan 03, Cilincing, untuk mengikuti sosialisasi dan edukasi tentang makanan bergizi bagi anak yang diadakan Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jakarta Utara.

Ia menjelaskan, program uji coba program MBG di SDN Rorotan 03 ini merupakan hasil sinergi dengan PT Jakarta Propertindo (Jakpro), salah satu BUMD DKI Jakarta.

Baca juga: DKI kembali uji coba makan bergizi untuk murid SD di Jakarta
Baca juga: Heru Budi kembali lakukan uji coba makan bergizi gratis untuk siswa SD


Pihaknya memastikan proses pengolahan makanan sebelum disajikan pada murid SDN Rorotan 03 telah memenuhi standar kesehatan.

Dia juga memberikan dukungan monitor dampak program MBG dengan melakukan pengukuran tinggi dan berat badan pelajar secara berkala.

"Kegiatan ini juga merupakan pilot proyek bagi kami, sebelum pelaksanaan program MBG digelar secara masif," kata dia.

Uji coba program MBG dilaksanakan di SDN Rorotan 03, SDN Rawa Badak Selatan 11 dan MI Nur At-Taqwa Pegangsaan Dua.

Dalam kegiatan ini tidak hanya didistribusikan makanan, tapi juga mengedukasi wali murid dan guru tentang makanan sehat bergizi agar anak tumbuh optimal.