Semarang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Tengah menjadwalkan debat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur sebanyak tiga kali di Kota Semarang pada tahapan kampanye Pemilihan Kepala Daerah 2024.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jateng Handi Tri Ujiono di Semarang, Rabu, mengatakan bahwa lembaganya akan menggandeng media televisi untuk menyiarkan debat terbuka pasangan calon peserta Pilkada Jateng.

Debat terbuka itu akan diikuti dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, yakni Andika Perkasa-Hendrar Prihadi alias Hendi dan Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen.

Debat pertama dijadwalkan pada 26 Oktober yang disiarkan di Inews TV, debat kedua pada 10 November yang dapat disaksikan masyarakat melalui Kompas TV, dan debat ketiga dijadwalkan pada 20 November yang ditayangkan di TV One.

Menurut Handi, lokasi pelaksanaan debat baru saja ditentukan dan sedang dalam proses penetapan melalui surat keputusan dan segera diunggah di Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH).

"Baru selesai ditetapkan. Kami sedang proses SK, segera kami upload di JDIH. Kami SK-kan dulu," katanya saat dikonfirmasi soal lokasi debat tersebut.

Baca juga: Dua Pasangan Cagub-Cawagub Jateng deklarasikan Pilkada 2024 damai

Saat ini, KPU Jateng juga masih menyusun tim perumus yang akan menyusun mekanisme teknis pelaksanaan debat, termasuk tema yang diangkat dan tim panelis.

"Terkait debat, kami menyusun tim perumus yang nanti akan mempersiapkan tentang mekanisme teknis debat, termasuk usulan panelis. Termasuk juga mempersiapkan lokasi yang akan digunakan debat dan berkomunikasi dengan televisi penyiaran yang dipilih KPU," katanya.

Handi mengatakan bahwa tim perumus terdiri atas kalangan profesional dan akademisi, serta perwakilan dari kelompok rentan atau minoritas, seperti kaum perempuan dan difabel.

Debat merupakan salah satu momentum penting bagi pasangan calon untuk menyampaikan visi misi dan program kerja serta meyakinkan pemilih selama tahapan kampanye pilkada.

Baca juga: KPU: Jumlah pemilih Pilkada Jateng 2024 capai 28.427 616 orang

Selain itu, masyarakat juga dapat menjadikan ajang debat sebagai preferensi dalam menentukan pilihan calon gubernur dan wakil gubernur Jateng untuk lima tahun ke depan.

"Kami berharap untuk seluruh masyarakat yang memiliki hak pilih dapat mengikuti debat, baik langsung ataupun mungkin melalui televisi penyiaran dan media sosial. Ini menjadi bagian untuk menimbang-nimbang, menentukan pilihan, visi-misi program yang disampaikan pasangan calon dalam debat," kata Handi.

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah 2024 diikuti dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, yakni Andika Perkasa-Hendrar Prihadi alias Hendi yang diusung PDI Perjuangan dengan nomor urut 1.

Kemudian nomor urut 2 pasangan Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen yang didukung sembilan partai politik, yakni Partai Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Golkar, Partai Gerindra, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Baca juga: Pengamat: Pilkada Jateng sengit karena libatkan pejabat jenderal
Baca juga: Peneliti: Luthfi-Yasin bisa ancam dominasi PDI di kandang banteng
Baca juga: Adik Gus Dur ungkap alasan mau "dipinang" Andika-Hendi