Jakarta (ANTARA) - PT PGN Tbk mencatat lebih dari 500 juta jam kerja dalam kondisi aman per April 2024, sehingga mengantarkan Subholding Gas PT Pertamina (Persero) tersebut, meraih 18 penghargaan Keselamatan Migas 2024, yang digelar Kementerian ESDM.

"Kami bersyukur dan berterima kasih atas 18 penghargaan yang berhasil dicapai atas dedikasi dan kerja sama PGN Group. Ini menjadi bukti atas komitmen, kolaborasi, dan sinergisitas PGN Group untuk terus menjaga keamanan tanpa kehilangan jam kerja akibat kecelakaan, selalu memprioritaskan keselamatan dalam bekerja, serta mengoptimalkan upaya pembinaan keselamatan kerja secara komprehensif," ujar Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Harry Budi Sidharta dalam keterangannya, di Jakarta, Rabu.

Penghargaan diserahkan Menteri ESDM Bahlil Lahadalia, yang didampingi Plt Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Dadan Kusdiana dan pejabat eselon I dan II di lingkungan Kementerian ESDM lainnya, di Jakarta, Senin (7/10).

Penghargaan yang diraih PGN Group, untuk kategori Patra Karya Raksa Tama diterima PGN Sales and Operation (SOR) II, PT Pertamina Gas Technical Management, dan PT Transportasi Gas Indonesia, serta PT Kalimantan Jawa Gas meraih Patra Karya Raksa Madya.

Kategori Patra Nirbhaya Karya Utama Adinugraha I diraih Operation and Maintenance Management (OMM) PGN, Patra Nirbhaya Karya Utama Adinugraha III diraih SOR II PGN, dan Patra Nirbhaya Karya Utama diraih SOR III PGN.

Selanjutnya, ⁠PT Pertamina Gas Technical Management, PT Kalimantan Jawa Gas, serta PT Transportasi Gas Indonesia memperoleh penghargaan Patra Nirbhaya Karya Utama Adinugraha.

Patra Nirbhaya Karya Utama turut diraih Saka Indonesia Pangkah Ltd, PT Perta Arun Gas, dan ⁠PT Perta Daya Gas. Lalu, Patra Nirbhaya Karya Pratama dicapai PT Perta Samtan Gas dan PT LNG Indonesia serta Saka Energi Muriah Ltd dan PT Nusantara Regas meraih Patra Nirbhaya Karya Madya.

Untuk penghargaan Patra Prakarsa diberikan kepada Indra P Sembiring selaku Direktur Teknik & Operasi PT Pertamina Gas.

Direktur Komersial PGN Ratih Esti Prihatini menyampaikan area operasi PGN juga berkontribusi dalam menunjukkan komitmennya dalam menerapkan jam kerja aman (JKA) serta terus mengutamakan keselamatan bekerja secara masif hingga meraih beberapa penghargaan.

“Penghargaan ini tidak lepas dari masing-masing peran operasional di lapangan baik dari SOR I, SOR II, SOR III, dan OMM yang mencapai lebih dari 101 juta JKA dan nihil jumlah kecelakaan kerja. Ini menjadi dasar dan motivasi tidak hanya bagi PGN pusat melainkan juga area operasi PGN untuk terus bekerja sama, meningkatkan inisiasi, dan mendorong sinergisitas dalam mengupayakan terciptanya jam kerja aman serta terus mendemonstrasikan keselamatan kerja secara maksimal. Harapannya setiap tahun JKA area operasi akan terus meningkat serta jumlah kecelakaan kerja dapat terus dioptimalkan hingga mencapai nihil," kata Ratih pula.
Baca juga: PGN agresif mengembangkan pasar gas bumi di Indonesia timur
Baca juga: Pertagas-Pertamina Patra Niaga bangun pipa BBM Cikampek-Plumpang