Jakarta (ANTARA) - Turnamen sepak bola usia muda level nasional bertajuk Meet the World With SKF akan segera digelar di Indonesia sebagai ajang pencarian tim untuk mewakili Indonesia di Piala Gothia 2025.

Meet The World adalah bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) SKF melalui SKF Care yang fokus terhadap perkembangan pemain muda melalui platform sepak bola. Hal ini mencerminkan komitmen SKF untuk menciptakan dampak positif pada masyarakat dan lingkungan.

Diharapkan Meet the World With SKF dapat dijadikan model bagi tipe perusahaan industri di Indonesia agar memiliki program platform CSR untuk perkembangan atlet muda melalui program sepak bola dengan pencapaian tertinggi ke Gothia Cup.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyambut hangat rencana penyelenggaraan turnamen itu yang dinilainya sebagai salah satu langkah serius pembinaan pemain muda.

“Untuk itu saya hadir di acara Gothia sore ini karena ini dalam rangka membangun dari grassroots terkait pembibitan sepak bola usia muda,” ujar Erick seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima pewarta.

Turnamen Meet the World With SKF akan dibagi dalam dua babak, yaitu Regional Tournament dan Grand Finale. Untuk babak regional tournament akan digelar di enam kota, yaitu:

• 2-3 November di Jakarta dan Bandung

• 9-10 November di Surabaya dan Solo

• 15-16 November di Makassar

• 16-17 November di Pekanbaru

Baca juga: Lolos ke Piala Dunia 2026 jadi mimpi paling indah bagi Maarten Paes

Terdapat 20 hingga 32 tim kategori U-12 dari masing-masing kota yang akan bersaing untuk lolos ke Grand Finale di Jakarta pada 23-24 November. Pada babak Grand Finale hanya ada 20 tim terbaik yang akan berpartisipasi untuk memperebutkan gelar juara dan akan dikirimkan ke Piala Gothia 2025.

Sedangkan satu tim lagi yang akan diberangkatkan adalah melalui seleksi yang akan digelar di Papua dan bekerja sama dengan Papua Football Academy (PFA) by Freeport. Hal itu dilakukan sebagai upaya SKF dalam memfasilitasi para pemain berbakat dari daerah yang kurang mendapatkan akses untuk bisa menunjukkan kualitas mereka.

Untuk seleksi yang dilakukan bersama Papua Football Academy akan digelar di Timika, Papua, pada 28 - 30 November.

“Sepak bola Indonesia saat ini sedang berkembang pesat. Timnas Indonesia pun mulai menjadi perbincangan di level internasional berkat prestasinya. Kami dari SKF ingin mendukung terus sepak bola Indonesia agar bisa terus mencetak para pemain berkualitas, yang nantinya bisa diandalkan timnas Indonesia pada masa depan," ujar President Director SKF Satheswaran Mayachandran.

Sementara itu, sepak bola putri kali ini juga mendapat perhatian. Sebab sebelum digelar National Tournament, terlebih dahulu akan diselenggarakan SKF Girl School Challenge di Jakarta pada 19-20 Oktober.

Baca juga: STY berharap Mees dan Eliano tingkatkan kualitas tim
Baca juga: Eliano: Tijjani Reijnders akan menonton laga melawan Bahrain