Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat ikut melakukan berbagai persiapan untuk pelantikan presiden dan wakil presiden (wapres) RI pada Minggu (20/10) di Gedung MPR RI, Senayan, Kelurahan Gelora, Kecamatan Tanah Abang. "Ada beberapa persiapan yang kita lakukan, mulai dari kebersihan, keamanan dan ketertiban yang menjadi lintasan pelantikan," kata Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Chaidir di Jakarta, Rabu.

Selain itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat juga berkoordinasi dengan penyelenggara dan akan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kita akan koordinasi dengan penyelenggara dan akan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan agar kegiatan ini berjalan aman, lancar dan tertib," ujar Chaidir.

Baca juga: Mensesneg pastikan kehadiran Jokowi pada pelantikan Prabowo-Gibran
Baca juga: Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud diundang ke pelantikan Prabowo-Gibran
Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Pusat, Bakwan Ferizan Ginting mengatakan, pihaknya melalui unsur Kecamatan Tanah Abang dan suku dinas (sudin) terkait telah melakukan bersih-bersih trotoar dan fasilitas umum di Jalan Gatot Subroto, tepatnya depan Gedung DPR/DPD/MPR.

"Pada Jumat ini kita akan melakukan bersih-bersih trotoar lagi di Jalan Sudirman-Thamrin dan Jalan merdeka. Sudah kita susun strateginya dan akan melibatkan semua kecamatan di Jakarta Pusat sebagaimana yang sering kita lakukan," ujar Bakwan.

KPU RI telah menetapkan Prabowo-Gibran sebagai Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 berdasarkan Keputusan KPU Nomor 504 Tahun 2024.

Prabowo-Gibran meraih 96.214.691 suara atau 58,59 persen dari total suara sah nasional dan memenuhi sedikitnya 20 persen suara di setiap provinsi yang tersebar di 38 provinsi di Indonesia.