Jakarta (ANTARA) - Pembalap Gresini Racing Federal Oil Marc Marquez ingin melanjutkan kinerja optimalnya di balapan MotoGP Australia pada Minggu (20/10) setelah berhasil menyabet podium ganda pada MotoGP seri ke-16 di Jepang, akhir pekan lalu.

Juara dunia MotoGP delapan kali itu berhasil menunjukkan performa terbaik motor Ducati Desmosedici GP23 untuk meraih podium ketiga dalam balapan utama pada Minggu (6/10). Sehari sebelumnya, Marquez juga menyabet podium tiga pada sesi sprint race.

"Saya mengawali dengan baik. Secara umum itu adalah putaran pembuka yang baik dan semacam balapan yang membosankan karena minimnya aksi menyalip," kata Marc Marquez dalam siaran pers Federal Oil pada Rabu.

"Saya harus tetap fokus karena saya bisa saja membuat kesalahan yang bisa saja membuat saya kehilangan podium," kata pembalap berjuluk Baby Alien itu.

"Sekarang saatnya untuk beristirahat sejenak dan mengisi ulang tenaga untuk triple header (tiga balapan di luar Eropa) berikutnya," kata Marc, mengacu pada persiapan menuju MotoGP Australia di Phillip Island.

Di sisi lain, Alex Marquez yang tidak finis di Sirkuit Motegi karena tergelincir di tikungan menyatakan akan memperbaiki performanya di Phillip Island.

"Saya membuat kesalahan di tikungan 11 yang membuat keluar jalur dan saat mencoba kembali ke posisi, saya bertabrakan dengan Joan Mir, yang menyebabkan kecelakaan," kata Alex.

"Motor kami saling bertabrakan dan saya minta maaf kepadanya atas apa yang terjadi,” kata dia.

Federal Oil selaku pihak sponsor pun menyatakan dukungannya kepada Marquez bersaudara untuk membuktikan performanya hingga seri pamungkas ke-20 yang berlangsung di Ricardo Tormo Valencia pada 15-17 November.

"Hasil ini tidak terlepas dari kolaborasi dan kepercayaan penuh antara pembalap dan tim sehingga makin nyaman untuk selalu memberikan hasil terbaik," kata Market Development General Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (Federal Oil) Rommy Averdy Saat.

Rommy menjelaskan bahwa Marquez mampu membuktikan performa motor Desmosedici GP23 yang semakin nyaman, dibantu kinerja teknis dari segenap mekanik ahli tim Gresini Racing.

Baca juga: Bagnaia sempurnakan akhir pekan di Motegi dengan menangi GP Jepang

"Federal Oil juga terus konsisten memberikan dukungan kepada Tim Gresini Racing MotoGP hingga akhir musim, dan berharap podium ganda Marc dan Alex dapat terwujud kembali di sisa-sisa balapan musim 2024 ini," kata Rommy.

Marc Marquez masih berada di posisi empat klasemen sementara MotoGP dengan perolehan 311 poin, sementara Alex Marquez di posisi 12 dengan 124 poin.

MotoGP Australia yang menjadi triple header (tiga balapan di luar Eropa) akan dimulai pada 18-20 Oktober di Sirkuit Phillip Island, kemudian dilanjutkan ke Thailand pada 25-27 Oktober dan Malaysia pada 1-3 November.

Klasemen sementara MotoGP usai balapan di Motegi:

1. Jorge Martin - Prima Pramac Racing - 392 poin
2. Francesco Pecco Bagnaia - Ducati Lenovo Team - 382 poin
3. Enea Bastianini - Ducati Lenovo Team - 313 poin
4. Marc Marquez - Gresini Racing - 311 poin
5. Pedro Acosta - Red Bull GASGAS Tech 3 - 181 poin
6. Brad Binder - Red Bull KTM Factory Racing - 183 poin
7. Maverick Vinales - Aprilia Racing - 163 poin
8. Franco Morbidelli - Prima Pramac Racing - 136 poin
9. Marco Bezzecchi - Pertamina Enduro VR46 - 134 poin
10. Fabio di Giannantonio - Pertamina Enduro VR46 - 134 poin
11. Aleix Espargaro - Aprilia Racing - 134 poin
12. Alex Marquez - Gresini Racing - 124
13. Fabio Quartararo - Monster Energy Yamaha - 86
14. Miguel Oliveira - Trackhouse Racing - 71
15. Jack Miller - Red Bull KTM Factory Racing - 66

Baca juga: Kepercayaan diri Bagnaiameningkat setelah juara di Jepang
Baca juga: David Alonso juara dunia Moto3 2024, cetak sejarah untuk Kolombia