Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo mengapresiasi kepada seluruh elemen masyarakat yang turut berkontribusi terhadap capaian pemerintah selama 10 tahun terakhir ini.

"Tentu semua elemen masyarakat kan berkontribusi terhadap upaya pemerintah," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu.

Pertama, kata Ari, Presiden Jokowi mengapresiasi seluruh elemen masyarakat yang telah menjaga kesatuan, keharmonisan, dan kerukunan dalam 10 tahun terakhir.

"Itu tidak mungkin bisa muncul kalau tidak ada semua elemen masyarakat terlibat dalam proses membangun kerukunan dan kebersamaan," katanya.

Kedua, dukungan terhadap program-program strategis yang dijalankan oleh pemerintah, terutama yang sifatnya Indonesia sentris, tidak hanya terpusat di Pulau Jawa.

"Tidak hanya di Jawa, tidak hanya di Jakarta, tetapi juga seluruh pelosok tanah air, termasuk di Sumatera. Saya kira komitmen pemerintah pada era pemerintahan Pak Jokowi selama 10 tahun terakhir ini kan juga membangun Sumatera, baik itu infrastruktur, kemudian juga proses hilirisasi industri, penguatan UMKM, pembangunan kawasan ekonomi khusus, dan lain-lain," jelasnya.

Baca juga: Mendag: Banyak sekali yang sudah Presiden Jokowi lakukan untuk RI

Upaya tersebut tidak lain untuk membangun sentra-sentra ekonomi baru yang bisa berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

"Itu salah satu upaya untuk membangun sentra-sentra ekonomi baru, termasuk juga memperkuat usaha kecil menengah, perkebunan rakyat, dan kemudian kita tahu juga ada minyak merah kemarin ya. Jadi, salah satu bentuk cara program pemerintah supaya bisa berdampak pada kepentingan kesejahteraan masyarakat," ujar Ari.

Presiden Jokowi pada Rabu hari ini telah menerima organisasi kemasyarakatan (ormas) atau paguyuban Putra Jawa Kelahiran Sumatera (Pujakesuma) di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Ketua Umum Pujakesuma Eko Sopianto mengatakan dalam pertemuan itu, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi pada akhir masa jabatan.

"Pertemuan kami dengan Pak Presiden pada hari ini merupakan pertemuan yang sudah sering kami lakukan. Pada masa mau berakhirnya beliau, kami sebagai warga Pujakesuma mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-sebesarnya kepada Pak Presiden Jokowi," kata Eko.

Baca juga: Jokowi limpahkan Keppres IKN ke Prabowo karena pembangunan berlanjut
Baca juga: Presiden Jokowi teken penetapan PP KEK baru di Banten