Washington (ANTARA) - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menunda jadwal perjalanan ke luar negeri yang akan dilakukannya ke Jerman dan Angola pada pekan ini dan akan fokus pada persiapan dalam menghadapi potensi pendaratan Badai Milton di Florida.

"Mengingat proyeksi lintasan dan kekuatan Badai Milton, Presiden Biden menunda perjalanannya ke Jerman dan Angola mendatang untuk mengawasi persiapan dan respons terhadap Badai Milton, di samping respons yang sedang berlangsung terkait dampak Badai Helene di seluruh bagian Tenggara (AS)," kata Sekretaris Pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre dalam sebuah pernyataan pada Selasa (8/10).

Sang presiden menghabiskan pagi hari di Gedung Putih, diawali dengan menerima pengarahan singkat dari respons pemerintah federal terkait Badai Helene dan persiapan menghadapi Badai Milton, dan kemudian memberikan informasi terbaru soal upaya-upaya tersebut.

"Kami akan tetap fokus pada hal-hal yang menanti kami saat ini," ujar Biden dalam pernyataan yang menjelaskan penundaan lawatannya ke luar negeri.

Menurut rencana awal, Biden pada Kamis (10/10) dijadwalkan berangkat menuju Berlin, di mana dirinya akan mengadakan pertemuan dengan Kelompok Kontak Pertahanan Ukraina untuk mengoordinasikan dukungan bagi Ukraina. Setelah itu, Biden akan melakukan perjalanan ke Angola, negara di Afrika bagian selatan.

Biden menuturkan bahwa dirinya masih berencana untuk melakukan perjalanan ke Jerman dan Angola, dan akan menyusun jadwal lainnya dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz.