Maiduguri (ANTARA) - Nigeria menerima 600.000 dosis tambahan vaksin kolera untuk membendung wabah penyakit menular tersebut di Negara Bagian Borno bagian timur laut yang terdampak banjir besar.

Wakil Perwakilan UNICEF di Nigeria Rownak Khan, Selasa, mengatakan vaksin dan peralatan medis lainnya merupakan bagian dari respons global untuk menghentikan penyebaran kolera, penyakit yang ditularkan melalui air yang melanda negara bagian tersebut menyusul banjir besar yang merusak fasilitas sanitasi dan pasokan air.

"Vaksin kolera oral ini merupakan upaya bersama antara pemerintah dan para mitra. UNICEF adalah salah satu mitranya. Kami juga memiliki mitra lain yang juga berupaya keras untuk membawa vaksin kolera ke Nigeria," kata Khan kepada Anadolu.

Khan menambahkan bahwa donasi tersebut juga termasuk peralatan diare air akut dan tempat tidur rumah sakit senilai 69,000 dolar AS (Rp1,08 miliar).

Bulan lalu, UNICEF mengirimkan 300.000 dosis vaksin kolera pertama ke negara bagian tersebut dan memulai vaksinasi besar-besaran di wilayah itu.

penasihat khusus gubernur bidang kesehatan di Negara Bagian Borno, Abubakar Hassan, mengatakan negara bagian tersebut belum mencatat adanya kematian terkait kolera beberapa hari setelah wabah penyakit dilaporkan.

Pihak berwenang mengatakan 451 kasus dugaan kolera tercatat di Borno pada 4 Oktober dengan 128 kasus positif setelah dilakukan proses diagnostik cepat.

Sumber : Anadolu

Baca juga: UNICEF kirim 1,4 juta vaksin kolera ke Sudan
Baca juga: Rwanda batasi kegiatan pertemuan akibat wabah virus Marburg