Jakarta (ANTARA) - Persaingan dunia kerja semakin ketat, sehingga menuntut para pencari kerja untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. Mulai dari kemampuan yang mendukung pekerjaan hingga pengalaman yang dimiliki.

Tidak hanya itu, sebelum bisa mendapatkan pekerjaan impian, Anda harus melalui proses melamar kerja. Proses lamar kerja merupakan pencarian kandidat pegawai yang sesuai spesifikasi bagi perusahaan melalui beberapa seleksi.

Untuk mengikuti proses lamar kerja tersebut, hal pertama yang mesti dilakukan oleh calon karyawan adalah menyerahkan persyaratan lamaran kerja. Salah satu hal yang paling sering ditanyakan adalah persyaratan apa saja yang harus dipenuhi saat melamar pekerjaan.

Setiap perusahaan dan jenis pekerjaan yang Anda lamar, memungkinkan memiliki standar dan persyaratan yang berbeda-beda. Namun secara umum, ada beberapa persyaratan dasar yang biasanya selalu diminta oleh perusahaan, baik bagi fresh graduate hingga yang sudah berpengalaman profesional.

Berikut ini persyaratan melamar pekerjaan yang mesti dipersiapkan bagi para calon pekerja.

Curriculum Vitae (CV)

CV adalah dokumen penting yang harus disiapkan sebelum melamar pekerjaan. CV harus mencantumkan informasi mengenai latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, serta prestasi yang relevan dengan posisi yang dilamar.

Usahakan CV yang dibuat singkat, padat, namun informatif dan rapi secara visual. Perlu diingat untuk menghindari kesalahan penulisan dan pastikan informasi yang diberikan sudah sesuai dengan kenyataan.

CV memiliki berbagai jenis yakni CV ATS dan CV kreatif. Jenis CV bisa Anda buat sesuai dengan bidang perusahaan yang dilamar, umumnya perusahaan menggunakan CV ATS. Namun, jika ingin melamar perusahaan di bidang kreatif, Anda bisa buat jenis CV kreatif yang menarik.

Surat lamaran kerja

Selain CV, surat lamaran kerja juga menjadi dokumen utama. Surat ini berisi pernyataan tertulis yang menunjukkan niat dan alasan pelamar mengajukan diri di posisi tertentu.

Dalam menulis surat lamaran, sebaiknya gunakan bahasa yang sopan dan profesional, serta jangan lupa untuk menjelaskan kemampuan yang dimiliki dan alasan bahwa Anda merupakan kandidat yang cocok untuk posisi tersebut.

Cantumkan juga nomor telepon atau email yang aktif untuk pihak perusahaan menghubungi Anda.

Berikut poin penting yang perlu Anda cantumkan dalam surat lamaran.

  • Tempat dan tanggal membuat surat
  • Pihak perusahaan yang dituju.
  • Nama dan alamat perusahaan.
  • Isi surat, seperti perkenalan diri dan latar belakang pendidikan, penjelasan ingin melamar pekerjaan di posisi yang diminati, hingga kemampuan yang relevan pada posisi tersebut.
  • Salam penutup, seperti harapan Anda ingin bergabung dan memastikan bahwa seluruh berkas yang diberikan adalah asli.

Portofolio

Untuk beberapa perusahaan atau bidang pekerjaan seperti desain grafis, penulisan, atau fotografi, berkas portofolio yang merupakan hasil karya Anda menjadi salah satu syarat yang perlu disertakan.

Portofolio ini bertujuan membuktikan kemampuan dan kualitas pekerjaan yang telah Anda lakukan sebelumnya.

Ijazah dan transkrip nilai

​​​​​Salah satu berkas persyaratan untuk melamar pekerjaan lainnya adalah bukti penyelesaian pendidikan berupa ijazah dan transkrip nilai, baik itu sekolah menengah atas, perguruan tinggi, atau sekolah kejuruan.

Berkas ijazah dan transkrip nilai bisa diberikan berupa salinan, tidak perlu yang asli. Bisa berupa salinan berwarna atau fotokopi yang telah dilegalisir dari sekolah atau kampus.

Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

SKCK merupakan dokumen resmi yang diterbitkan oleh kepolisian dan berisi catatan seseorang terkait riwayat kejahatan atau tindak pidana.

Tiap perusahaan tentunya ingin memiliki karyawan yang berprilaku baik. Dengan surat ini sebagai bukti terhadap perusahaan bahwa Anda calon karyawan yang tidak pernah tercatat kriminal dan memiliki bukti berprilaku baik secara hukum.

Surat sertifikasi

Sertifikasi merupakan salah satu berkas penting dalam melamar kerja yang dapat memberikan nilai tambah bagi pelamar. Sertifikat ini berfungsi sebagai bukti resmi bahwa Anda telah menguasai keahlian atau kompetensi di bidang tertentu yang diakui secara profesional.

Sertifikasi ini bisa Anda dapatkan dengan mengikuti pelatihan dari lembaga yang terpercaya, seperti instansi pemerintah atau swasta.

Dalam dunia kerja yang kompetitif, memiliki sertifikasi dapat meningkatkan peluang pelamar untuk diterima bekerja, terutama di bidang yang membutuhkan keahlian khusus.

Surat referensi

Jika Anda memiliki pengalaman kerja sebelumnya atau telah direferensikan oleh karyawan perusahaan yang Anda lamar, surat referensi dari pihak yang terkait bisa menjadi nilai tambah dalam melamar kerja.

Surat ini memberikan gambaran kepada rekrutmen terkait kemampuan dan tanggung jawab Anda dalam bekerja dari pihak yang mereferensikan Anda.

Pas foto

Meskipun terlihat sederhana, pas foto memiliki peran ‘first impression’ pelamar di mata rekrutmen. Pas foto yang diserahkan ke perusahaan terkadang memiliki ketentuan yang berbeda-beda, namun umumnya pas foto berukuran 4x6, berlatar warna merah, dan foto yang terbaru.

Sebagai bagian dari berkas persyaratan lamar kerja, pas foto harus disiapkan dengan baik agar memenuhi syarat dan memberikan kesan profesional.

Itulah persyaratan melamar kerja yang perlu Anda persiapkan. Dengan memenuhi semua persyaratan melamar kerja, peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan impian akan semakin besar.

​​​​​​​Perlu diingat bahwa untuk selalu jujur dan memberikan informasi yang akurat dalam setiap dokumen yang Anda kirimkan ke perusahaan yang dilamar.

Baca juga: Contoh surat lamaran kerja dalam bahasa Indonesia dan Inggris

Baca juga: TikTok AS punya program lamar pekerjaan pakai video

Baca juga: Tiga langkah sederhana kenali "passion" diri