Jakarta (ANTARA) - Sekolah Lansia RW 05 dan Bina Keluarga Remaja (BKR) Bunga Bangsa di RPTRA Asoka, Pasar Minggu Jakarta Selatan menjadi pembelajaran bagi delegasi Republik Seychelles untuk mewujudkan kesejahteraan lansia.
"Kebetulan kami ditunjuk Pemerintah Pusat melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk berbagi informasi dengan delegasi dari Republik Seychelles," kata Kepala Suku Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (Sudin PPAPP) Jakarta Selatan, Darwoto di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Wakil Ketua DPRD DKI dorong Pemprov deteksi anak yang putus sekolah
Dalam kegiatan itu, delegasi Seychelles mendapat pendampingan dari jajaran Sudin PPAPP Jakarta Selatan.

Republik Seychelles merupakan negara kepulauan di Afrika yang terdiri atas 115 pulau di Samudera Hindia sekitar 1.600 kilometer (km) sebelah timur daratan Afrika dan sebelah timur laut Madagaskar.

Kunjungan Republik Seychelles bertujuan ingin mempelajari program pembangunan dan kesejahteraan keluarga yang dilaksanakan di Indonesia termasuk program lansia.

Baca juga: Pemkot Jaksel tanamkan pendidikan lingkungan dan iklim bagi siswa
Darwoto menambahkan para delegasi Seychelles mengaku terkesan dengan setiap program-program yang diselenggarakan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan melalui Sudin PPAPP.

Terutama terkait upaya mendorong produktivitas lansia dan membina keluarga yang bisa dipakai sebagai pembelajaran di negaranya.

"Alhamdulillah paling tidak ini memberikan kesan, kami negara besar ini layak untuk dijadikan pembelajaran bagi negara di luar sana," ucapnya.

Sementara, Lurah Pasar Minggu, Puji Meilita, berharap para delegasi bisa mengadopsi sekolah lansia di Pasar Minggu.

Baca juga: Heru Budi ingatkan pentingnya pendidikan untuk cegah narkoba
"Intinya sekolah ini didirikan untuk memberdayakan lansia agar bahagia sehingga mereka tidak merasa sendiri," ucap Puji.

Senada, Pelaksana tugas (Plt) Lurah Jati Padang, Rudi Budijanto menyatakan RPTRA Asoka memiliki Program BKR yang ditujukan untuk membina hubungan antara orang tua dengan anak remaja mereka.

"BKR ini diketuai oleh warga Jati Padang dalam rangka sebagai pembina atau bimbingan antara keluarga dan anak remaja, BKR ini juga telah meraih penghargaan juara dua Genre Award kategori BKR percontohan tingkat Provinsi DKI Jakarta,” ujar Rudi.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Jakarta Selatan dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta tercatat sebanyak 229 orang berusia 60 tahun ke atas pada 2023.