Kota Bandung (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyebutkan pembangunan tol dalam Kota Bandung (Bandung Intra Urban Tol Road/BIUTR) sepanjang 27,3 kilometer memulai konstruksi pada tahun 2026 mendatang.

Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Bandung A Koswara, di Bandung, Rabu, mengatakan saat ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan proses finalisasi detail engineering design (DED) dan proses lelang investasi.

“Jadi 2025 itu DED dan lelang investasinya. Kalau 2025 selesai berarti 2026 sudah konstruksi,” kata Koswara, di Bandung, Jawa Barat, Selasa.

Koswara mengungkapkan untuk jalurnya, BIUTR akan menghubungkan antara kawasan Pasteur hingga Gedebage. Namun rencana jalur itu akan dibahas kembali bersama Kementerian PUPR.

Ia menambahkan bahwa kondisi di lapangan pada rute BIUTR telah berubah sejak rencana awal pembangunan pada 17 tahun lalu, sehingga hal tersebut menjadi kendala dalam proyek tersebut.

“Terus kondisi di lapangan juga kan sudah berubah ya. Ada fly over yang sudah dibangun, ada pembangunan gedung-gedung juga sudah ada. Jadi tingkat kesulitan pembangunan dievaluasi lagi juga,” katanya lagi.

Lebih lanjut, Koswara memastikan proyek tol dalam kota Bandung mulai dari pembebasan lahan sampai pembangunannya, dilakukan oleh Kementerian PUPR.

Dia mengatakan proyek ini sudah diluncurkan belasan tahun lalu, namun masih terkendala terkait pembebasan tanah. Pembebasan lahan itu, seharusnya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah yang tak sanggup dipenuhi Pemprov Jabar dan Pemkot Bandung.

“Tapi secara keseluruhan BIUTR ini sudah diambil alih oleh pemerintah pusat. Jadi kita tinggal mendukung dari lapangan kemudian dari kondisi sosial masyarakat,” katanya pula.

Koswara mengatakan apabila pembangunan dari proyek tersebut tidak terkendala masalah pembebasan lahan, maka proyek tol dalam kota ini dapat rampung pada tahun 2029.

“Pembangunan tergantung dari lahan ya. Biasanya yang menjadi kendala itu di lahan. Mudah-mudahan karena ini sudah dipersiapkan lebih lama,” katanya lagi.
Baca juga: Pemkot menyambut baik pembangunan Tol Dalam Kota Bandung oleh PUPR
Baca juga: Jabar koordinasi dengan kementerian terkait tol dalam Kota Bandung