Surabaya (ANTARA) - Calon wakil gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Emil Elestianto Dardak berjanji akan membangun ulang lapak-lapak yang terbakar di Pasar Baru Kamal, Bangkalan, saat blusukan ke pasar tersebut, Rabu.

"Kami akan bangun kembali lapak-lapak yang terbakar tahun 2023 silam. Ini janji saya kepada pedagang pasar yang lapaknya belum dibangun seperti semula," kata Emil dalam keterangan diterima di Surabaya,Rabu.

Emil akan memprioritaskan hal ini jika dirinya terpilih dalam kontestasi Pemilihan Gubernur 2024. Dirinya akan berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten Bangkalan untuk mencari jalan keluar terbaik dan tercepat.

Dalam blusukan ini, Emil yang didampingi istrinya, Arumi Bachsin, juga memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengecek harga sembako di pasar. Mereka berbincang dengan para pedagang mengenai kondisi harga-harga kebutuhan pokok serta kendala yang mereka hadapi.

"Kami ingin memastikan bahwa harga sembako tetap terjangkau bagi masyarakat, terutama menjelang akhir tahun. Hal ini penting untuk menjaga kestabilan ekonomi masyarakat, khususnya di Bangkalan," ujar Emil.

Selain itu, Emil dan Arumi juga mendengarkan keluhan para pedagang terkait fluktuasi harga serta distribusi barang yang terkadang terhambat. Emil berjanji akan mencari solusi untuk memastikan harga kebutuhan pokok tetap stabil dan distribusi berjalan lancar jika dirinya mendapat kepercayaan sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur.

Blusukan ini disambut antusias oleh para pedagang dan warga yang hadir di pasar, serta menjadi bagian dari komitmen Emil untuk lebih dekat dengan masyarakat dan memahami kebutuhan mereka secara langsung.

Pilkada Jawa Timur 2024 diikuti tiga pasangan calon, yakni Nur Hamidah-Lukmanul Khakim dengan nomor urut 1, lalu Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak dengan nomor urut 2, dan Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta dengan nomor urut 3.

Masa kampanye pilkada berjalan mulai 25 September hingga 23 November 2024.

Tahapan pemungutan suara Pilkada 2024 berlangsung pada 27 November sedangkan penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara dimulai pada 27 November hingga 16 Desember 2024.
Baca juga: Survei Indikator: Elektabilitas Khofifah-Emil tembus 61,2 persen
Baca juga: Khofifah-Emil daftar ke KPU Jatim diarak dengan kirab budaya